26 Feb 2020

Cara Merubah Nama, NISN, dan NIK Siswa di Emis Feeder

Cara merubah atau edit nama, NISN, dan NIK siswa melalui Emis Feeder sekarang bisa dilakukan. Untuk dapat mengedit atau mengubah nama, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) siswa tidak dilakukan melalui Aplikasi Feeder Emis Offline melainkan melalui laman Emis Feeder Monitor, alias secara online. Meski demikian ini merupakan penambahan fitur yang baru karena sebelumnya fitur untuk mengedit data-data pokok tersebut tidak tersedia.

Padahal di Aplikasi Emis Feeder Online, ketiga data pokok tersebut (nama, NISN. dan NIK) tidak dapat dilakukan pengeditan. Kecuali jika menggunakan Aplikasi Feeder Emis versi Alpha, yakni versi ujicoba. Namun tentunya, mengedit nama siswa dengan menggunakan Aplikasi Feeder Emis versi Alpha tidak direkomendasikan oleh Ayo Madrasah.

Ubah Nama, NISN, dan NIK

Wajar jika kemudian tidak sedikit operator madrasah yang kebingungan bagaimana cara melakukan perubahan data nama, NIK, NISN siswa pada pendataan Emis Madrasah semester ini. Untungnya, tidak berselang lama, Tim Emis Pusat memberikan perbaikan sistem sehingga pengeditan nama siswa beserta NISN dan NIK dapat dilakukan melalui Feeder Emis Monitor.

Baca: Cara Menghapus Siswa di Emis Feeder dan Monitor

Cara Merubah Nama NISN, dan NIK Siswa


Merubah nama, NISN, dan NIK siswa dilakukan di laman Emis Feeder Monitor. Karena itu, untuk melakukan perubahan operator madrasah harus membuka laman http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor dan login dengan menggunakan email dan password emis seperti biasa.

Sebelumnya melakukan perubahan, pastikan telah melakukan, terlebih dahulu:
  1. Updating data seluruh siswa melalui Aplikasi Feeder Emis (Offline)
  2. Sinkronisasi Siswa dari Aplikasi Feeder Emis Offline ke Feeder Emis Monitor

Setelahnya, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klik menu "Edit Data Pokok" dari sidebar sebelah kiri
  2. Terbuka halaman Pengajuan Edit Data Pokok, klik tab "Siswa"
  3. Edit Nama, NISN, dan NIK
  4. Muncul kotak pencarian nama siswa, ketikkan beberapa huruf lalu klik tombol "Cari Siswa" untuk mencari siswa yang akan diedit nama, NISN, atau NIK
  5. Hasil pencarian nama akan disajikan di bawahnya.
  6. Klik tombol "Proccess" yang terdapat di ujung kanan nama siswa
  7. Edit Nama, NISN, dan NIK
  8. Terbuka Form Pengajuan Edit Data Pokok Siswa
  9. Sila ubah pada kolom nana siswa, NISN, atau NIK sesuai kebutuhan
  10. Upload file scan Kartu Keluarga dan Ijazah dalam format PDF pada kolom yang KK dan Ijazah
  11. Edit Nama, NISN, dan NIK
  12. Klik tombol "Update" untuk mengirim pengajuan edit data
Karena merupakan pengajuan, maka setelah mengklik tombol Update, perubahan terhadap nama siswa, NIK, dan NISN akan dilakukan verifikasi dan validasi sebelum akhirnya ditampilkan.

Baca Juga:

Yang sedikt menjadi masalah adalah kewajiban mengunggah file scan ijazah. Bagi siswa MTs dan MA tentu sudah memiliki ijazah jenjang sebelumnya. Tetapi bagi siswa MI, apalagi RA bisa jadi belum memiliki ijazah. Semoga ke depan akan terdapat perbaikan untuk upload dokumen penunjang yang dibutuhkan.


Demikianlah cara melakukan pengeditan atau ubah nama siswa, NISN, dan NIK melalui Emis Feeder. Semoga menjadi solusi bagi madrasah yang memiliki siswa dengan data pokok yang masih salah dan perlu perbaikan.

5 komentar

  1. Sangat bermanfaat ilmunya, barokallah

    BalasHapus
  2. error libcef .dll itu bagaimana penyelesainya

    BalasHapus
  3. Trima kasih informasinya, sangat bermanfaat bagi kami yg masih awam ini

    BalasHapus
  4. Saya mw tanya . saya sudah melakukan updating data ( edit data pokok dll) di feeder monitoring sehingga sesuai yg ada. Kemudian saya melakukan kesalahan dengan mengsinkron kembali data dari aplikasi AFE ( padahal blum di update terbaru) alhasil data di Feeder Monitoring kembali berubah mengikuti aplikasi AFE. Apa yg mesti saya lakukan agar data saya kembali seperti semula sebelum singkron?

    BalasHapus


EmoticonEmoticon