13 Feb 2020

Solusi Feeder Emis Tidak Bisa Login

Seiring berjalankan pendataan melalui Aplikasi Feeder Emis, dijumpai beberapa kasus dan permasalahan. Salah satu kendala yang kerap dikeluhkan oleh para operator, adalah tidak bisa login saat membuka Aplikasi Feeder Emis pertama kali. Jendela aplikasi hanya berwarna hitam dengan tulisan Please Wait..., dan tidak mau membuka menu login. Kalaupun terbuka, username dan password yang dimasukkan terdeteksi salah.

Solusi Feeder Emis Tidak Bisa Login

Baca Juga: Cara Download dan Instal Aplikasi Feeder Emis

Berikut ini permasalahan berserta solusi untuk kasus-kasus terkait tidak bisa login di Aplikasi Feeder Emis.

1. Menu Login Tidak Mau Muncul


Tidak Bisa Login Feeder Emis

Permasalahan pertama yang kerap Ayo Madrasah jumpai disampaikan oleh operator madrasah adalah ketika aplikasi dibuka, halaman login tidak mau muncul. Layar hanya menampilkan loading berupa jendela berwarna hitam dengan tulisan Please Wait. Meski telah ditunggu hingga beberapa lama, layar tetap tidak mau berubah menampilkan halaman login.

Solusi untuk mengatasi kendala ini, operator emis madrasah harus memastikan beberapa hal berikut ini.

Pertama, saat membuka Aplikasi Feeder Emis untuk yang pertama kali, pastikan terkoneksi dengan jaringan internet. Jaringan internet ini nantinya dibutuhkan untuk melakukan sinkronisasi awal, berupa mengunduh data user dan lembaga berdasarkan username.

Kedua, jika kendala tersebut tidak teratasi, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali emis.exe. Jadi apabila aplikasi melakukan loading terus-menerus dan tampilan berwarna hitam dengan tulisan please wait tidak mau berubah menjadi menu login, klik saja tombol silang (x) yang ada di pojok kanan atas. Setelah ditutup, buka kembali aplikasi dengan mengklik dua kali (klik kanan >> open) file emis.exe.

Dengan melakukan kedua langkah di atas, seharusnya kini Aplikasi Feeder Emis dapat terbuka dengan lancar, ditandai dengan munculnya menu login.

Baca Juga: 5 Tahapan Pendataan Melalui Aplikasi Feeder Emis

2. Gagal Login Karena Password Salah


Password Feeder Emis Salah

Kendala kedua adalah email dan password yang dimasukkan dianggap salah, sehingga aplikasi tidak mau terbuka.Padahal email dan password tersebut diyakini telah benar oleh operator. Jika mengalami kendala semacam ini, silakan hubungi admin Emis tingkat Kabupaten/Kota untuk dilakukan reset akun emis.

Setelah direset silakan login kembali. Jika masih dianggap salah, hapus aplikasi seluruhnya (termasuk folder mysql) lalu ekstrak (pasang ulang) dari file APE yang masih berupa RAR.

Username dan password yang digunakan untuk mengakses Aplikasi Feeder Emis adalah username dan pssword yang sama seperti yang biasanya digunakan dalam membuka Emis Madrasah Online pada semester sebelumnya.

Baca : Solusi Tidak Bisa Login Emis Online

3. Kolom Login Tidak Bisa Diisi


Kendala berikutnya adalah kolom untuk menuliskan email dan password pada jendela login tidak dapat diisi.

Solusi atas permasalahan isi sangat mudah. Klik saja area di luar jendela Feeder Emis Madrasah atau klik tombol minimize (tanda "-"), lalu buka lagi jendela Feeder Emis. Setelah itu silakan klik pada kolom pengisian email dan password.

Kalau masih bingung, tonton video tutorial berikut ini


Itulah kendala dan solusi terkait tidak bisa login ke Aplikasi Feeder Emis. Semoga dengan pemaparan solusi di atas, kendala-kendala yang kerap dijumpai operator emis di lapangan ini dapat teratasi, sehingga pendataan Emis semester genap 2019/2020 berjalan dengan lancar.

14 komentar

  1. password sudah direset tapi tetap tidak bisa login

    BalasHapus
  2. Kami Sudah masuk ke login pak . cuman masih tetap tidak mau masuk ke aplikasi tampilannya berbentuk gambar login dan loding pak Amdin.

    BalasHapus
  3. kalo file rarny agagal terus diexcact itu kenapa ya min

    BalasHapus
  4. EMIS FEEDER ERROR LOADING LIBCEF.Dll
    error code: 0x000003E6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Ane juga Kaya itu sampe saat ini belum ketemu solusi

      Hapus
  5. minimize, close tidak bisa diklik, jadi tidak bisa diklik di luar window kecuali buka aplikasi lain, tapi balik ke emis feeder lagi tetap tidak bisa

    BalasHapus
  6. bisa masuk sekali.. besoknya pas masuk lagi loadingnya lama.... kira-kira masalahnya apa???
    kalau diofline, malah disuruh online krna pertama katanya. pas dionline dia lamaa bngt loadingnya.

    BalasHapus
  7. Blm ada solusi yah? Untuk yang tidak bisa getdata dan login...
    Admin tolong dong solusinya!!?

    BalasHapus
  8. Admin tolong dong solusinya yang tidak bisa getdata dan login...
    loading.. loading... loading.... loading.....

    BalasHapus
  9. kalo saya, ketika login pertama bisa dan sudah unduh data lampau
    tapi setelah ditutup dan coba login lagi malah gak bisa lagi,
    udah masukkin username & password, pas diklik Login gak terjadi apa-apa.

    BalasHapus
  10. Kami Sudah masuk ke login pak . cuman masih tetap tidak mau masuk ke aplikasi tampilannya berbentuk gambar login dan loding pak Amdin.

    BalasHapus
  11. EMIS FEEDER ERROR LOADING LIBCEF.Dll
    error code: 0x000003E6

    BalasHapus
  12. EMIS FEEDER ERROR LOADING LIBCEF.Dll
    error code: 0x000003E6

    BalasHapus


EmoticonEmoticon