25 Jun 2019

Tema dan Logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Tema dan logo peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, secara resmi dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Senin (24/6) silam, akun twitter resmi @KemensetnegRI mengunggah gambar logo peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019. Tema yang diangkat adalah "Menuju Indonesia Unggul".

Kementerian Sekreatriat Negara Republik Indonesia juga telah memposting terkait tema dan logo HUT ke-74 Kemederkaan RI ini melalui situs resminya di www.setneg.go.id.

Logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Gambar logo orisinil memiliki warna merah dengan latar belakang berwarna putih. Terdiri atas gambar kombinasi angka 74 yang pada salah satu bagiannya saling bertumpuk dan tulisan "Menuju Indonesia Unggul", yang menjadi tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Logo resmi Hari Kemerdekaan Tahun 2019 ini didesain oleh Bima Surya Pamila dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Yogyakarta. Konon, Presiden RI Joko Widodo ikut terlibat langsung dalam proses pemilihan logo. Dipilih dari beberapa karya terbaik yang sebelumnya dikurasi lebih dulu oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan AGDI.

Sejak diunggah pada akun resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, gambar logo dan tema HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019 ini mendapat tanggapan yang beragam. Hingga artikel ini ditulis, sebagaimana pengamatan Ayo Madrasah, unggahan tersebut telah mendapatkan 1.134 retweet dan 1.333 suka.



Tidak sedikit yang memberikan penilaian bahwa logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI kali ini tampil lebih minimalis dan kekinian.

Namun hingga artikel ini ditulis, Kementerian belum merilis Graphic Standard Manual secara lengkap. Sebagaimana pengamatan Ayo Madrasah dalam situs Kementerian Sekretariat Negara RI hanya memuat surat edaran terkait pemberitahuan tema dan logo peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 dan file logo berformat AI. Sehingga makna dan arti simbolis dari logo dan tema yang telah dibuat ini belum diketahui pasti.

Bagi yang membutuhkan file tema dan logo HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, silakan unduh langsung melalui tautan berikut:

  • Surat Edaran terkait Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2019 [download]
  • File AI logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI [download]


Baca Juga:



Itulah tema dan logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019. Bagaimana menurut Anda tampilan logo tersebut?

1 komentar


EmoticonEmoticon