4 Feb 2018

Madrasah Hebat Bermartabat, Moto Baru Madrasah

Madrasah Hebat Bermartabat diusung oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam sebagai moto atau slogan baru bagi madrasah. Sebelum 'Madrasah Hebat Bermartabat' telah dikenal moto madrasah sebelumnya yakni 'Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah'. Slogan baru ini diharapkan akan semakin memacu madrasah dalam menjadi lembaga pendidikan yang lebih unggul dibandingkan sekolah umum.

Sebagaimana telah diulas di artikel sebelumnya, Direktorat KSKK Madrasah Usung Slogan Baru untuk Madrasah, penggunaan slogan baru, Madrasah Hebat Bermartabat, dicetuskan langsung oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam awal Februari ini.

"Mulai tahun 2018 ini, kita mengusung semangat baru dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat," demikian diungkap oleh Direktur KSKK Madrasah, A. Umar, MA sebagaimana Ayo Madrasah lansir dari situs resmi Ditjen Pendis Kemenag, pendis.kemenag.go.id, Kamis (01/02) silam.

1. Logo Madrasah Hebat Bermartabat


Sebenarnya belum ada logo resmi penyanding slogan Madrasah Hebat Bermartabat. Namun Ayo Madrasah mencoba berinisiatif membuat unoffial logo Madrasah Hebat Bermartabat, tentu dengan segala keterbatasan yang dimiliki admin.

Berikut ini unofficial logo Madrasah Hebat Bermartabat versi rectangle.

logo Madrasah Hebat Bermartabat

Unofficial logo Madrasah Hebat Bermartabat versi banner.

Logo Madrasah Hebat Bermartabat


Keduanya merupakan logo tidak resmi.

2. Makna Madrasah Hebat Bermartabat


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hebat merupakan bentuk adjektiva (kata yang menjelaskan nomina atau pronomina) yang memiliki arti terlampau, amat sangat (dahsyat, ramai, kuat, seru, bagus, menakutkan, dan sebagainya). Sedangkan bermartabat merupakan bentuk kata kerja dari martabat yang berarti memiliki tingkat harkat kemanusiaan atau harga diri.

Sedang oleh Direktur KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag, A. Umar, MA, hebat tidak hanya tercermin dari bangunan fisik saja melainkan juga hebat pada siswa dan lulusan madrasah, hebat dalam gurunya mengajar, hebat dalam menyalurkan ilmunya ke masyarakat, hebat prestasi, hebat kualitas siswa serta hebat dalam tata kelola kelembagaan.

Hebat memiliki indikator pada peningkatan kualitas madrasah, baik pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang semakin profesional, serta kualitas siswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Sedangkan martabat identik dengan pembangunan karakter peserta didik guna menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah.

Madrasah Hebat Bermartabat berarti pencapaian kualitas terbaik kesemua komponen madrasah dengan menggunakan cara yang jujur, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan norma keislaman. Hal ini pun erat kaitannya dengan 5 prinsip kerja, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja ikhlas.

Baca Juga:




Dengan moto baru, Madrasah Hebat Bermartabat, semoga semakin meningkatkan semangat warga madrasah dalam menciptakan lembaga pendidikan yang hebat, berkualitas, namun tetap menjunjung tinggi kejujuran dan akhlakul karimah.

2 komentar


EmoticonEmoticon