Monday, September 3, 2018

Cara Cepat Menampilkan Tombol Logout Simpatika yang Hilang

Cara cepat menampilkan tombol logout Simpatika yang hilang, akhir-akhir ini banyak ditanyakan oleh PTK maupun admin madrasah. Ini lantaran tombol logout, tiba-tiba hilang dan tidak muncul. Sehingga ketika seorang PTK hendak keluar dari aplikasi simpatika atau berganti akun PTK lain menjadi kesulitan.


Permasalahan terkait hilangnya tombol logout simpatika ini bukan kali pertama. Beberapa tahun silam, menurut pengamatan admin Ayo Madrasah, masalah serupa pernah terjadi. Dan sebenarnya cara untuk menampilkan kembali tombol logout yang menghilang dari dasbor simpatika tersebut sangat mudah. Meski demikian jika tidak mengetahui pun dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Apalagi bagi admin madrasah yang harus mengerjakan beberapa akun PTK sekaligus.

Terkait dengan hal tersebut, admin ayomadrasah kembali membagikan tips dan trik untuk menampilkan tombol logout simpatika yang menghilang tersebut.

Sebagaimana pengalaman admin ayomadrasah, sedikitnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan tombol logout atau untuk logout dari akun simpatika meskipun tombol tersebut tidak tampil.
Menampilkan Tombol Logout Simpatika yang Hilang


1. Trik Pertama Menampilkan Tombol Logout


Cara pertama dan sangat mudah untuk memunculkan kembali tombol logout yang menghilang dari dasbor simpatika adalah sebagai berikut:
  1. Klik ikon "Profil Sekolah" (gambar gedung dalam lingkaran di pojok kanan atas)
  2. Akan terbuka halaman "Siap Online Madrasah".
  3. Lihat di pojok kanan atas, tombol logout sudah muncul di samping foto profil PTK
  4. Jika masih belum keluar refres halaman atau tekan tombol F5 pada keyboard
Menampilkan Tombol Logout Simpatika yang Hilang

Baca Juga:

2. Trik Kedua Langsung Logout


Selain dengan menggunakan cara pertama di atas, Saat tombol logout hilang dari dasbor simpatika kita masih bisa logout dengan cara mengetikkan url berikut: https://paspor.siap-online.com/cas/logout di browser.

Dengan mengetikkan url tersebut kita akan otomatios logout dari akun simpatika dan terbuka halaman login simpatika. 

Sehingga ketika ingin berpindah dari satu akun PTK ke akun PTK lainnya, kita bisa mengetikkan url https://paspor.siap-online.com/cas/logout sehingga muncul halaman login kemudian tinggal mengisi kolom user ID dan password PTK lainnya yang hendak kita buka.

Menampilkan Tombol Logout Simpatika yang Hilang

Cara menampilkan tombol logout simpatika yang hilang ini memang sekedar tips dan trik sederhana dan remeh. Namun semoga tetap memberikan manfaat kepada rekan-rekan PTK dan Admin Madrasah dalam melakukan verval simpatika.


EmoticonEmoticon