Friday, February 16, 2018

Download Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018

Tim Pusat Simpatika kembali merilis Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018 sebagai update versi sebelumnya, V 1.4. Panduan Simpatika dalam bentuk buku PDF ini diterbitkan pada 31 Januari 2018 silam.

Sebagaimana versi-versi sebelumnya, buku Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018 berisikan tutorial dan tata cara pengelolaan pendataan pendidik dan tenaga kependidikan di naungan Kemenag melalui layanan Simpatika. Baik panduan bagi admin Simpatika di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi, admin Simpatika di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota, Admin Madrasah dan Kepala Madrasah, maupun panduan bagi guru dan tenaga kependidikan.

Panduan Simpatika dalam format buku PDF ini tentu sangat dibutuhkan oleh para guru, tenaga kependidikan, dan admin Simpatika di setiap jenjang. Mengingat Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama  (Simpatika) menjadi salah satu layanan pendataan bagi guru di naungan Kemenag. Dimana, minimal, setiap semester seorang GTK Kemenag harus memutakhirkan datanya. Juga terkait dengan penghitungan dan penentuan kelayakan seorang guru bersertifikat pendidik untuk memperoleh Tunjangan Profesi Guru.

Situs Simpatika juga telah menyediakan panduan secara online yang bisa diakses di alamat http://bantuan.siap-online.com/ . Tidak sedikit blog juga telah memberikan tutorial dan panduan dalam mengelola layanan Simpatika, termasuk beberapa artikel di Ayo Madrasah.

Namun keberadaan panduan Simpatika dalam bentuk file pdf yang bisa dibuka secara offline dan dicetak, tentu sangat membantu.

Panduan Simpatika V2.0

Karena itu, Panduan Simpatika Versi 2.0 Tahun 2018 ini menjadi file yang layak diunduh dan didmiliki oleh setiap guru dan tenaga kependidikan di naungan Kementerian Agama dalam melaksanakan pemutakhiran data GTK di layanan Simpatika.

Riwayat versi Panduan Simpatika:

  • Versi 1.0 (rilis 13 Oktober 2015) merupakan versi awal dengan pembuatan panduan untuk seluruh fitur awal yang tersedia di layanan Simpatika
  • Versi 1.2 (rilis 5 Januari 2017) mengalami penambahan panduan untuk fitur kelola grup admin (operator) berdasarkan instansi; jam tambahan dan ekuivalensi; dan ajuan dan edit guru binaan pengawas.
  • Versi 1.4 (rilis 25 Oktober 2017) penambahan panduan untuk fitur kelola kurikulum madrasah bagi pengguna K13 maupun KTSP, klaim NRG, dan verval inpassing.
  • Versi 2.0 (rilis 31 Januari 2018) terdapat penambahan panduan untuk fitur cetak ulang SKBK tahun lalu, pembatalan atas penerbitan (persetujuan) verval NRG, dan seleksi sertifikasi guru.

Unduh Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018


Silakan unduh buku Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018 setebal 380 halaman di tautan di bawah ini.

Baca Juga:

Dengan memiliki Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018, guru dan tenaga kependidikan, saat mengalami kesulitan atau kendalam dalam memutakhirkan datanya tinggal membuka panduan-panduan dan tutorial yang terdapat di dalam Panduan Simpatika Kemenag Versi 2.0 Tahun 2018.

1 comments so far

pak kok kami gak bisa masuuk simpatika ya


EmoticonEmoticon