Saturday, June 2, 2018

10 Grup dan Channel Telegram Tentang Madrasah

Daftar grup dan channel Telegram tentang madrasah mau tidak mau menjadi salah satu media sosial bagi operator madrasah dan warga madrasah lainnya dalam mendapatkan informasi terkait dengan dunia madrasah. Di samping media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, dan twitter, telegram telah menjelma sebagai salah satu medsos pilihan dalam berbagai informasi, termasuk dalam dunia madrasah.

Sehingga tidak mengherankan jika kemudian bermunculan berbagai grup telegram dan channel telegram yang mengangkat isu-isu terkait madrasah seperti pendataan emis, pendataan simpatika, akreditasi dan sispena, bantuan sarana prasarana, ujian nasional dan ujian madrasah, hingga berbagi media pembelajaran dan perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, dan administrasi guru lainnya.

Dengan kemunculan grup dan channel telegram tentu semakin menambah pilihan bagi guru, operator madrasah, maupun kepala madrasah dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana berbagi informasi terkait madrasah.

Grup dan Channel Telegram Madrasah

Telegram sendiri merupakan salah satu aplikasi layanan berkirim pesan instan yang multiplatform, berbasis komputasi awan, dan gratis. Dengan telegram, pengguna dapat berbagi foto, video, stiker, audio, dan berbagai jenis file lainnya. Karena itu, dalam grup dan channel telegram madrasah, para guru, operator madrasah, dan kepala madrasah, selain berdiskusi dan bertukar informasi terbaru dapat juga saling bertukar dokumen dan file-file yang dibutuhkan madrasah.

Layaknya media sosial lainnya, telegram dapat digunakan dengan menggunakan ponsel pintar (Android, iOS, Windows Phone, dan Ubuntu Touch) maupun dengan menggunakan komputer (windows dan linux).

Daftar Grup dan Channel Telegram Tentang Madrasah

Dari penelusuran Admin Ayo Madrasah, terdapat beberapa grup dan channel telegram yang aktif menjadi ajang bertukar informasi warga madrasah se-Indonesia. Beberapa grup dan channel tersebut diantaranya adalah.

1. Abdima Indonesia (Grup Telegram)


Abdima Indonesia merupakan salah satu grup telegram yang dimaksudkan sebagai tempat sharing para sahabat Abdima. Abdima sendiri merupakan akronim dari Abdi Madrasah sekaligus merujuk pada blog www.abdimadrasah.com, salah satu blog tentang madrasah yang sudah lama eksis dan dikenal di kalangan warga madrasah.

Crup Telegram Abdima Indonesia yang diikuti oleh 200-an pengguna telegram ini dapat dikunjungi dengan menggunakan link https://t.me/abdimaindonesia

2. Ayo Madrasah Channel (Channel Telegram)


Ayo Madrasah Channel merupakan salah satu channel telegram yang menjadi akun resmi dari blog ini, Ayo Madrasah. Channel ini berisikan informasi terkini terkait pendataan Emis dan Simpatika, BOS Madrasah, akreditasi, sispena, dan dunia pendidikan di madrasah lainnya.

Channel dengan 200-an pengikut ini dapat dikunjungi dengan tautan https://t.me/ayomadrasah

3. Dunia Madrasah (Grup Telegram)


Dunia Madrasah merupakan salah satu grup telegram yang menyajikan materi bahan belajar untuk guru dan siswa madrasah. Namun meskipun demikian, diskusi-diskusi yang terjadi sering kali juga terkait dengan dunia operator madrasah seperti pendataan emis dan simpatika, akreditasi madrasah, hingga sertifikasi guru.

Grup telegram dengan 500-an pengikut ini dapat dipantau melalui tautan https://t.me/binagurumadrasah

4. Layanan Subdit Sarpras Nasional (Grup Telegram)


Layanan Subdit Sarprat Nasional merupakan grup resmi telegram dari aplikasi Sim Sarpras Pendis Kemenag. Sehingga diskusi yang terjadi di grup ini hampir seluruhnya terkait dengan mekanisme dan prosedur penggunaan SIM Sarpras dan informasi terkait dengan bantuan Sarana dan Prasarana dari Dirjen Pendis Kemenag.

Grup dengan 2900-an member ini dapat diikuti dengan tautan https://t.me/joinchat/H9v1JBAnqJGqQWUcz9kG2A

5. Operator Simpatika & Emis Se-Indonesia (Grup Telegram)


Sesuai dengan namanya, grup telegram Operator SIMPATIKA & EMIS Se-Indonesia merupakan wadah berkumpulnya para operator madrasah, baik operator emis maupun operator simpatika. Bahasan utama dalam grup ini adalah Pendataan Emis dan Pendataan Simpatika, disamping berbagai kerja operator lainnya.

Grup dengan anggota mencapai 2300 member ini dapat diikuti melalui tautan https://t.me/SimpatikaDanEmisGrup.

6. Operator Pendataan Madrasah Indonesia (EMIS & SIMPATIKA)


Senada dengan grup sebelumnya, grup telegram Operator Pendataan Madrasah Indonesia (EMIS & SIMPATIKA) pun menjadi tempat berkumpul para operator madrasah terutama dalam memperbincangkan pendataan emis dan simpatika.

Grup yang diikuti 900-an anggota ini dapat dipantau melalaui tautan https://t.me/joinchat/DDpB7A7V6dvtHrlgMcWG3A

7. Perangkat & Kurikulum RA/Madrasah (Channel Telegram)


Channel telegram berikutnya adalah Perangkat & Kurikulum RA/Madrasah. Sesuai namanya channel ini menjadi kumpulan perangkat pembelajaran, aplikasi raport, bahan akreditasi dan kurikulum RA/Madrasah. Sekaligus menjadi channel yang dikelola oleh Grup Telegram Operator Simpatika & Emis Se-Indonesia.

Channel dengan 800 pengikut ini dapat dikunjungi melalui tautan https://t.me/joinchat/AAAAAEDTewHSqfA7Ll_Zcg

8. Simpatika & Emis (Channel Telegram) 


Merupakan channel tempat penyimpanan file dan dokumen terkait Simpatika dan Emis. Seperti Channel Perangkat & Kurikulum RA/Madrasah, channel ini mrupakan channel dari grup Operator Simpatika & Emis Se-Indonesia.

Channel dengan 1700 anggota ini dapat diikuti melalui tautan https://t.me/joinchat/AAAAAEJp3Z0Xe_FFhRqFDQ

9. Sispena Zaman Now (Grup Telegram)


Grup telegram ini fokus terkait sistem pendataan akreditasi BAN S/M melalui aplikasi Sispena. Meski demikian pembahasan dalam grup sering juga menyangkut terkait emis madrasah lantaran memang Sispena yang harus disinkronkan dengan emis. Bahkan tidak jarang juga isu-isu terkait madrasah lainnya.

Grup yang memiliki 700-an pengikut ini dapat diikuti melalui tautan https://t.me/joinchat/FcVdVRL0JZ7tpI7b9tfu2Q

10. UAMBN-BK 


Sesuai dengan namanya, grup telegram UAMBN-BK ini menjadi ajang mojok para proktor UAMBN-BK dalam mendiskusikan berbagai hal terkait dengan UAMBN Berbasis Komputer.

Grup dengan 500-an member ini dapat diikuti melalui tautan https://t.me/UAMBN_BK

Nah bagi warga madrasah, baik operator madrasah, guru madrasah, maupun kepala madrasah yang memiliki akun medsos telegram tidak ada ruginya mengikuti kesepuluh grup dan channel telegram di atas.

Baca juga:



Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, grup dan channel telegram tersebut menjadi alternatif bagi warga madrasah se-Indonesia dalam menjalin komunikasi, bertanya saat mendapati permasalahan, maupun sharing pengalaman antar warga madrasah.

Silakan ikuti 10 grup dan channel telegram tentang madrasah tersebut di atas dengan mengklik tautan yang telah disertakan.


EmoticonEmoticon