Friday, September 14, 2018

Pentingnya Tambah Admin dan Reset Password Sibos Pintar

Sebagaimana diketahui, dalam aplikasi desktop online Sibos Pintar, setiap madrasah secara otomatis mendapatkan hak akses dengan menggunakan admin lembaga. Admin lembaga ini menggunakan userID NSM masing-masing madrasah dan password User12345. Artinya, setiap orang yang mengetahui NSM (Nomor Statistik Madrasah) dapat login dan mengakses akun Sibos Pintar madrasah tersebut. Hal ini dibuktikan oleh Ayo Madrasah sebagaimana rekaman video tutorial Cara Melakukan Reset Password dan Tambah Admin Aplikasi Sibos Pintar yang tercantum dalam artikel ini.

Dengan membiarkan password tetap default User12345, siapapun bisa mengakses akun madrasah tersebut. Hal ini bisa menjadi hal yang berbahaya jika 'peretas' memiliki niat jahat atau hanya sekedar usil sekalipun.

Karena itu, setiap operator madrasah seharusnya segera melakukan perubahan password sehingga akun madrasah tidak bisa diakses oleh sembarangan orang.

Selain melakukan perubahan password Sibos Pintar, madrasah perlu juga menambahkan admin baru.

Reset Password Sibos Pintar

Kenapa? Penambahan admin baru di akun Sibos Pintar ini akan sangat penting. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lupa password. Jika password telah diganti dan kemudian lupa maka membutuhkan campur tangan admin Kab/Kota untuk melakukan reset password. Namun akan berbeda jika madrasah tersebut memiliki lebih dari satu admin, jika salah satu admin lupa password maka admin lainnya bisa melakukan reset password sehingga tidak perlu repot-repot meminta reset ke admin kab/Kota.

Cara Menambah Admin, Mengubah, dan Reset Password Sibos Pintar


Ayo Madrasah telah membuat video tutorial tentang bagaimana cara melakukan perubahan dan reset password serta menambahkan admin baru di aplikasi Sibos Pintar.

Video cara ambah admin, ubah dan reset password tersebut adalah sebagai berikut.


Disclaimer

Aktivitas dan penggunaan akun SIBOS PINTAR dalam video ini hanya bertujuan edukasi. Admin Ayo Madrasah menggunakan akun yang tertera dalam video secara acak berdasarkan NSM (kepada madrasah pemilik akun, kami mohon maaf).

Admin Ayo Madrasah tidak melakukan aktivitas dan perubahan data atau pengaturan dalam akun tersebut selain yang terekam/termuat dalam video. Dan telah mengembalikannya ke setingan sebagaimana semula.

Penggunaan akun ini sekaligus membuktikan bahwa mengganti password akun sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena dengan password standard, siapa pun dapat mengakses akun tersebut.

Baca Juga artikel terkait Sibos Pintar:

  1. Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag
  2. Cara Instal dan Login Aplikasi Sibos Pintar
  3. Masalah dan Solusi Pengerjaan Sibos Pintar

Saran Ayo Madrasah, pertama tambahkan admin baru terlebih dahulu. Setelahnya baru laukan perubahan password pada akun admin lembaga yang dari yang sebelumnya User12345 menjadi password yang aman dan rahasia. So, jangan menyepelekan pentingnya tambah admin dan reset password Sibos Pintar.

4 comments

Sampai saat ini sebagian madrasah tidak bisa login...minta reset pasword dimana...

Kalau yg mereset password pihak admin kabupaten kota

Maaf admin, kami tenaga operator, saya minta dengan sangat untuk pendataan d naungan kemenag menggunakan 1 aplikasi, sedangkan aplikasi pendukung lainnya hanya menambahkan kekurangan yang di butuhkan. Sehingga operator tidak mengunggah 1 data ke beberapa aplikasi. Maaf ini hanya masukan. Trima kasih semoga madrasah lebih baik. Amin

jangan bunuh kami dengN APLIKASI YANG TUMPAH TINDIH.... GUNAKAN SATU APLIKASI TUK BISA MER




























SALAM SATU DATA
SALAM SATU APLIKASI
SALAM SATU PINTU


EmoticonEmoticon