Friday, September 7, 2018

Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) meluncurkan satu lagi aplikasi untuk madrasah. Namanya adalah SIBOS PINTAR. SIBOS PINTAR merupakan akronim dari Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar.

Sesuai namanya, aplikasi SIBOS PINTAR adalah aplikasi desktop online untuk melakukan pendataan peserta didik madrasah sebagai basis perencanaan anggaran dan kuota BOS per madrasah. Selain itu juga dalam rangka penyaluran bantuan PIP untuk siswa madrasah. (Baca: Juknis BOS 2018)

Melalui Surat Direktorat Pendidikan Islam Nomor 1308/Dj.i.i/Dt.I.I.4/HM.01/09/2018 tertanggal 5 September 2018, tentang Pemutakhiran Data Peserta Didik Madrasah Melalui Aplikasi SIBOS PINTAR, madrasah diharapkan dapat melakukan pemutakhiran data dalam waktu yang cukup singkat. Batas waktu pengerjaannya adalah tanggal 30 September 2018.

Oleh karena itu, meski belum mendapatkan instruksi resmi dari Penmad Kabupaten/Kota masing-masing, madrasah tidak ada salahnya untuk segera melakukan pemutakhiran data peserta didik dengan menggunakan aplikasi SIBOS PINTAR ini. Tentu, dengan melakukan persiapan dan pemutakhiran lebih awal akan lebih baik ketimbang menunggu instruksi resmi sedangkankan batas waktu yang disediakan cukup singkat.

Aplikasi SIBOS PINTAR

Sebenarnya basis data BOS dan PIP diharapkan dapat dipenuhi dari EMIS. Namun dengan berbagai kendala yang dihadapi aplikasi online Emis, membuat kebutuhan akan basis data BOS dan PIP jadi terganggu. Bahkan untuk tahun pelajaran ini pun aplikasi online emis belum diluncurkan. Padahal tentu, kebutuhan basis data BOS dan PIP dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Oleh karenanya, kehadiran SIBOS PINTAR diharapkan bisa menjadi solusi terbaik.

1. Unduh Aplikasi SIBOS PINTAR


Aplikasi SIBOS PINTAR merupakan aplikasi desktop online yang harus diinstal ke komputer dan terkoneksi dengan internet. Untuk itu, sebelum menggunakannya, madrasah harus mengunduh instaler aplikasi tersebut dan menginstalnya ke komputer.

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) telah menyediakan file instaler beserta dengan panduan dalam bentuk PDF dan video di situs resminya. Namun sebagaimana dialami ayo madrasah, url download yang disedikan kerap kali tidak dapat dibuka.

Oleh karena itu, ayo madrasah menyediakan mirror download aplikasi SIBOS PINTAR beserta dengan panduan penggunaannya. Sila unduh di bawah ini




Baca juga: Jika Lupa Password Login EMIS Online

2. Cara Instalasi Aplikasi SIBOS PINTAR


Setelah mengunduh aplikasi SIBOS PINTAR, silakan lakukan instalasi dengan cara:

  1. Buka folder Aplikasi Setup SIBOS_PINTAR_2018_09_12
  2. Ekstrak dengan menggunakan WinRar, Zip, 7Zip, atau sejenisnya
  3. Buka folder hasil ekstrak
  4. Klik dua kali pada file Setup atau SetupSIBOSPINTAR untuk mulai mengintal
  5. Aplikasi mulai diinstal, ikuti perintah yang muncul.

3. Membuka Aplikasi SIBOS PINTAR


Pengalaman ayo madrasah ketika melakukan instalasi aplikasi SIBOS PINTAR, ternyata aplikasi ini tidak membuat shortcut otomatis baik di desktop ataupun di start menu windows. Sehingga bisa jadi akan menyulitkan ketika hendak membuka aplikasi ini.

Untuk menyiasatinya, agar shortcut aplikasi dapat muncul di desktop adalah:
  1. Klik Start
  2. Pada kolom "Search program and files" ketik SIBOS
  3. Muncul aplikasi SIBOS PINTAR
  4. Klik aplikasi SIBOS PINTAR untuk langsung membuka
  5. Sedang jika ingin membuatkan shortcut, klik kanan aplikasi SIBOS PINTAR lalu klik "Send to", klik "Desktop (create shortcut)" atau klik "Pin to start menu" atau "Pin to taskbar"
  6. Aplikasi SIBOS PINTAR muncul di desktop


Halaman login SIBOS PINTAR

4. Cara Menggunakan Aplikasi SIBOS PINTAR


Saat terbuka, aplikasi SIBOS PINTAR akan menampilkan jendela login. Bagi pengguna tingkat madrasah, login ke aplikasi ini dengan menggunakan UserID NSM dan password User12345.

Nantinya setelah berhasil login, pengguna dapat mengubah password tersebut dan menambahkan pengguna baru.

Video tutorial cara instal dan login di Sibos Pintar


Sedangkan untuk cara penggunaan fitur-fitur yang tersedia, bisa menyimak Panduan SIBOS PINTAR yang dapat diunduh di atas. Dalam panduan tersebut memuat panduan untuk admin pusat, admin kanwil, admin kabupaten/kota, hingga admin madrasah.

64 comments

tidak bisa di buka...Not Found
Error 404

Link sudah diperbaiki. Terima kasih atas infonya dan silakan download ulang

Bisa kok. NSM madrasah masing-masing dan passwordnya User12345 (huruf U kapital)

MAAF UNTUK PENGERJAAN APLIKASI SI BOS PINTAR INI APA HARUS PAKAI LAPTOP

Assalamualaikum kmi donlod aplikasi y gk bisa donlod

Bisa pakai laptop, bisa pakai pc. Saya coba di PC windows 7 sistem operasi 32 bit berjalan dengan lancar kok.

Ora iso didownload!!!

Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.

Baru-baru ini terlalu banyak pengguna yang telah melihat atau mendownload file ini. Harap akses kembali file nanti. Jika file yang Anda coba akses terlalu besar atau digunakan oleh banyak orang, butuh waktu 24 jam agar sebelum file dapat dilihat atau didownload. Jika Anda masih tidak dapat melihat file setelah 24 jam, hubungi administrator domain.

Kelebihan trafik. Terlalu banyak yang mengakses/mengunduh. Tapi sudah saya tambahkan alternatif link lainnya. Silakan refres dan unduh kembali

apa bisa menggunakan windows 10 ?

aplikasi gak bisa di buka walaupun sdh mmkai NSM dan 12345 mohon solusinya

Passwordnya kurang tuh. Bukan 12345 tetapi User12345 (huruf U-nya kapital)

kenapa tidak bisa di instal ya

tidak bisa entry data siswa baru, bagaimana solusinya?

Gagal instalnya muncul peringatan bagaimana?

Assalamu'alaikum pa guru. untuk menambah data siswa yang belum tercover di EMIS yang disediakan di Aplikasi SiBOSPINTAR, kok masih belum bisa njih??? trims infonya

Bagaimana kalau password nya ndak bisa apa ada solusi lain

Aplikasinya lancar.
Cuma kurang bimbingan da sosialisasi dari kemenag secara langsung dalam penggunaan aplikasi ini.

Untuk mendapatkan username dan passwordnya dimana ya?

bagaimana ya caranya mengganti/menghapus nama siswa yg terlanjur masuk ke aplikasi/simbos pintar?

Pada tampilan "Daftar Siswa" klik nama siswa yang akan dihapus, lalu geser ke ujung kanan (belakang) di sana ada tombol Hapus Siswa, tinggal klik

Usernama: NSM masing2
Password: User12345

Hubungi admin kab/kota agar direset. Kalau sebelumnya di satu madrasah dibuat dua akun/operator bisa menggunakjan salah satu akun untuk mereset password akun lainnya

Gunakan (instal ulang) dengan aplikasi versi terbaru. Proses penambahan siswa baru yang belum terdata di emis lebih mudah dan cepat

Syukron katsiro pak Guru, Jazakallohu Khoiro.

Ass, sudah donwload aplikasi terbaru, udah login, tapi pas menambahkan siswa kok muncul pesan koneksi jaringan terputus, padahal jaringan lancar saja...

pas menambahkan siswa muncul pesan koneksi terputus, padahal jaringan ok ok aja

solusi ketika registrasi siswa selalu koneksi internet terputus ?

sudah bisa di download, tapi blm bisa di instal pak...

mau nana kenapa mau nmbah operator kok g bisa masuk ya , solusi gimana

iya nich, dari tadi gk bisa download....

laptop saya windows 8. gak bisa. emang ngaruh ya pak?

assalamualaikum.. saya coba login pakai nomor NSM MI tidak bisa login.. ketika saya coba NSM MA bisa. apakah aplikasi ini baru bisa untuk MA dan MTs?

SEjak awal sudah bisa dibuka untuk jenjang dari MI s.d MA. Cek lagi NSM dan password (termasuk passwordnya masih default atau sudah diganti)

Belum mencoba, tetapi seharusnya bisa. Tidak bisanya muncul keterangan bagaimana?

Tidak bisa masuk ke aplikasi atau tambahan operatornya yang gak masuk? Simak cara menambah admin di artikel ini https://ayomadrasah.blogspot.com/2018/09/tambah-admin-ubah-reset-password-sibos.html

program belum fix 10000% gangguan terus

sibos pintar ini harus online apa bisa of line

sibos pintar ini harus online apa bisa of line

Selesai instal muncul pesan ini

LAYANAN SIBOS-PINTAR 2018

Mohon maaf kepada rekan-rekan sekalian, saat ini layanan SIBOS-PINTAR 2018 sementara di OFF LINE-kan dulu.
Saat ini tim kami sedang melakukan penambahan kapasitas server pemrosesan, dikarenakan tingginya jumlah akses layanan.
Layanan akan kembali online pada Rabu, 19 September 2018, pukul 06.00 WIB.

Terimakasih
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tim Teknis, Layanan SIBOS-PINTAR 2018

Pak saya download oug tidak bisa ini?

Bapak ini saya download aplikasinya oug tidak bisa iya?

Malem Pak..?.. Ini pas mau Login, Ko muncul Massage "Server Pemprosesan di daerah anda sedang di Offlinekan".. Itu kenapa Yak?? gimana mau kita Input datanya?

Berarti untuk provinsi yang bersangkutan sedang ditutup

ketika ingin input data siswa muncul tulisan koneksi internet terputus. apakah solusinya Sabar saja ?

Data Personal Siswa Ada SKTM, KK dan KTA.
KTA itu apa ya pk???

Setuju.
Buang2 waktu aja.
Ini kurang niat yang bikin aplikasi.
Juga servernya kurang handal.

Betul itu bang buang2 waktu aja. Servernya kurang canggih

Servernya kurang canggih ����

Mana ini yang jadi admin blog. Servernya diupgrade dong min. Biar gak putus2 terus koneksinya.
Jangan cuma omong doang yang profesional, fasilitasnya juga.
Kasian di orang2 setiap mau upload, koneksinya terputus terus. Klo masih belum siap jangan langsung launching.
Buang2 waktu aja klo gini jadinya. Siang malem mantengin komputer terus, hasil apa.
Ditunggu lama taunya "Koneksi anda terputus"

Bagaimana jika lupa password nya, sedangkan admin kabupaten tdk mengerti sama sekali,ini NSM nya 111111030003....terima kasih

selalu not responding ketika mau login...

admin, kalo mau tambahkan siswa lewat emis selalu koneksi internet terputus, tapi saya coba daftarkan siswa sbg siswa baru langsung bisa,...

Mengapa Tdk Bisa tarik dari Data Emis

error 503 service unbelieveble ada solusinya


EmoticonEmoticon