Tuesday, February 6, 2018

Verval NSM di Layanan Simpatika

Pada periode verval semester genap Tahun pelajaran 2017/2018 akhirnya Simpatika melakukan verval NSM atau Nomor Statistik Madrasah. Verval NSM yang dilakukan ini sebelumnya pernah beberapa kali disampaikan oleh Tim Simpatika, yang terakhir adalah saat pemberitahuan pemutakhiran Simpatika tanggal 1 Februari silam.

Dalam rilis di fans page @layanan.simpatika tersebut disampaikan beberapa hal yang salah satunya adalah Verifikasi dan Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) realtime dengan data dari EMIS.

Akhirnya setelah beberapa hari, pada 6 Februari petang, fitur Verifikasi dan Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) dilaksanakan. Setiap madrasah harus melakukan verval NSM ini untuk menjamin sinkronnya data antara Simpatika dan Emis.

Konon hal ini akan menjadi langkah awal dalam melakukan sinkronisasi data antara dua sistem layanan data milik Kemenag ini. Simpatika akan lebih fokus ke Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam kaitan kelayakan mendapatkan tunjangan, sedangkan data kemadrasahan terutama data siswa diambilkan dari data Emis. Semoga saja.

1. Cara Melakukan Verval NSM di Simpatika


Verval NSM di Simpatika

Melakukan Verifikasi dan Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) di layanan Simpatika sangat gampang, mudah, dan singkat. Karena verval ini hanya untuk memastikan data NSM yang ada di simpatika sudah benar atau belum.

Cara melakukan Verval NSM adalah sebagai berikut:
1. Kepala Madrasah atau Operator Madrasah login ke layanan Simpatika
2. Setelah login, pilih layanan Madrasah (Sekolah). Jangan memilih yang PTK.
3. Akan muncul kotak pesan "Verval Nomor Statistik Madrasah"
4. Isikan NSM RA/Madrasah pada kolom yang tersedia
5. Klik "Cek Data"
6. Muncul kotak preview yang menampilkan Nama RA/Madrasah, Jenjang, dan Kota baik di layanan Simpatika maupun di Emis.
7. Lakukan pengecekan, apakah memang sudah benar.
8. Jika sudah benar, klik "Simpan"
9. Selesai

2. Jika Data yang Ditampilkan Tidak Sama


Saat previe data, lihat langkah ke-6 di atas, antara data yang ditampilkan di kolom Simpatika dan Emis tidak sama apa yang harus dilakukan?

Jika data NSM (Nama, Jenjang, dan Kota) yang ditampilkan di kolom EMIS sudah benar, dan RA/Madrasah tersebut memang RA/Madrasah Anda, silakan langsung dilanjut dengan mengklik "Simpan".

Verval NSM di Simpatika

Data di Simpatika, terutama nama lembaga, memang bisa saja sedikit berbeda. Karena data ini bisa diedit oleh Admin Kab/Kota sehingga di banyak kasus di beri penambahan seperti nama desa. Sehingga akhirnya malah berbeda dengan data di dokumen resmi madrasah (Piagam Pendirian/Ijin Operasional). Sebaliknya data di Emis sudah melalui Verval SP yang dilakukan berjenjang mulai tingkat madrasah, kabupaten, hingga Kanwil Kemenag.

Kemudian jika ingin menyamakan nama madrasah di akun Simpatika dengan nama madrasah sebagaimana yang tertulis di Emis (dan tentunya dokumen resmi madrasah) tinggal menghubungi admin Simpatika tingkat Kab/Kota.

Namun jika data NSM yang salah adalah data yang berada di kolom EMIS, maka ada baiknya untuk menunda dulu verval NSM. Lakukan kordinasi dengan admin Emis Kab/Kota untuk memperbaiki data tersebut via Verval SP.

Demikian terkait dengan pelaksanaan Verval NSM di layanan Simpatika. Besar harapan kita agar verval NSM Simpatika ini akan segera ditindaklanjuti dengan sinkronisasi data antara Simpatika dan Emis. Sehingga sistem pendataan yang ada di madrasah semakin efisien.

1 comments so far

Gmana kalau belum singkron tp udah terverval duluan..��


EmoticonEmoticon