18 Feb 2018

Photomath Aplikasi Canggih Pemecah Soal Matematika

Aplikasi Photomath menjadi salah satu aplikasi tercanggih untuk memecahkan dan menyelesaikan berbagai soal terkait matematika. Bagi yang awam matematika, maupun 'ahli' matematika, Photomath bisa menjadi aplikasi andalan dalam mengerjakan soal-soal matematika, mulai yang mudah dan sederhana hingga yang sulit dan rumit sekalipun.

Photomath merupakan aplikasi untuk android dan IOS yang berfungsi untuk membaca, memindai (scan) soal-soal matematika. Bahkan dengan hanya mengarahkan kamera hape, kita akan bisa mendapatkan jawaban atas soal-soal matematika yang rumit sekalipun. Bahkan bukan sekedar jawaban, Photomath juga memberikan pembahasan dan langkah-langkah pengerjaan soal tersebut.

Sehingga bagi guru madrasah, baik guru kelas (yang harus mengajar matematika) dan guru mata pelajaran matematika, aplikasi Photomath tentu akan sangat berguna dan bermanfaat dalam menunjang kinerja guru selama pembelajaran matematika. Semisal dalam mengoreksi hasil pekerjaan siswa di papan tulis, guru tidak perlu lagi sibuk menghitung, cukup dengan mengarahkan kamera hape dan aplikasi Photomath akan menghitung dan menampilkan jawaban yang benar atas soal tersebut, lengkap dengan langkah-langkah mengerjakannya.

Selain dengan menggunakan kamera, soal matematika yang ingin dikerjakan dapat juga ditulis secara langsung. Atau dengan menggunakan kamera dan disesuaikan (diedit) jika hasil pindai kamera kurang tepat lantaran tulisan yang dipindai kurang jelas.

Sehingga aplikasi Photomath yang dikembangkan oleh MicroBink, pengembang aplikasi asal Kroasia ini layaknya asisten pribadi guru dalam bidang matematika. Apalagi Photomath adalah aplikasi gratis.

Photomath aplikasi matematika

Unduh Aplikasi Photomath


Aplikasi ini sudah bisa kita unduh di dan dipasang di handphone berplatform iOS, Android, dan Windows Phone secara gratis.

Untuk mengunduhnya silakan menuju App Store (untuk iPhone dan iPad) dan Google Play (Android) dan ketikkan 'photomath' di kolom pencarian.

Atau langsung menuju tautan berikut ini:

  • Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microblink.photomath
  • IOS: https://itunes.apple.com/us/app/photomath-camera-calculator/id919087726?mt=8


Baca juga aplikasi untuk guru madrasah lainnya:


Untuk cara menggunakannya, lihat video ini.


Yang harus diingat saat menggunakan aplikasi Photomath adalah tetap lakukan croscek pada hasil yang ditampilkan oleh aplikasi matematika ini. Lakukan pengecekan pada soal yang berhasil ditangkap oleh kamera dan langkah-langkah pengerjaan yang ditampilkan. Karena sebagaimana aplikasi apapun, Photomath tetap bisa saja melakukan kesalahan dengan memberikan hasil yang keliru. Apalagi jika soal yang dipindai tidak terlalu jelas atau berupa tulisan tangan dimana terkadang bentuk font angka dan simbolnya tidak baku.

So, bagi guru madrasah aplikasi Photomath ini bisa menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki. Terutama bagi guru-guru yang terkait dengan soal-soal matematika. Karena Photomath memang aplikasi tercanggih untuk memecahkan soal matematika mulai dari soal yang sederhana dan mudah hingga soal matematika yang rumit dan sulit sekalipun.



Add Comments


EmoticonEmoticon