Wednesday, March 14, 2018

9 Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Cara memperkecil ukuran file PDF menjadi salah satu kebutuhan di dunia digital saat ini. Seperti ketika ingin megirimkan file PDF lewat email, share file lewat medsos, dan lainnya dimana harus memperkecil ukuran file PDF tersebut. Mengecilkan ukuran PDF (compress PDF) juga sangat dibutuhkan saat harus mengunggah (upload) file PDF yang mensyaratkan ukuran tertentu (dibatasi ukuran minimal dan maksimalnya).

Memperkecil ukuran saat unggah file PDF ini juga yang kerap terjadi pada operator Emis. Saat mengunggah dokumen dalam layanan Emis, disyaratkan ukuran file PDF tidak boleh melebihi 200 Kb atau 500 Kb. Jika ukuran dokumen PDF hasil pemindaian (scan) melebihi ketentuan maksimal tersebut, tentu harus dilakukan compress (mengecilkan ukuran file PDF) terlebih dahulu.

Banyak cara untuk melakukan kompres file PDF. Bisa memperkecil ukuran file PDF dengan cara online (daring) ataupun dengan menggunakan software (offline). Aplikasi untuk memperkecil ukuran file PDF pun terdapat dua jenis yaitu aplikasi berbayar dan aplikasi gratis.

Dalam artikel kali ini, Ayo Madrasah akan mengulas berbagai cara memperkecil file PDF tersebut baik secara online maupun offline. Sedikitnya ada 9 jenis layanan dan aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mengompres pdf. Kesembilan tersebut adalah SmallPDF, iLovePDF, Orpalis Pdf Reduce Free, Free PDF Compressor, PDF Compressor, Adobe Acrobat Pro, Foxit Phantom Pdf, Soda PDF, dan Nitro PDF yang masing-masing berhasil mengecilkan file pdf hingga 10 kali lebih kecil.

Baca juga:



1. Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online


Terdapat banyak situs yang menyediakan kompres pdf secara daring (online). Beberapa layanan yang telah Ayo Madrasah coba antara lain adalah:

1. Layanan SmallPDF

Untuk mengecilkan file PDF dengan layanan online SmallPDF caranya cukup gampang, yaitu:

  1. Kunjungi situs https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  2. Masukkan file pdf dengan cara "tarik dan taruh" (drag and drop) file pdf dari PC ke kotak yang tersedia atau dengan mengklik  "Pilih File"
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses upload mencapai 100% dan proses kompres akan berjalan otomatis
  4. Setelah selesai akan ditampilkan ukuran file pdf yang berhasil dikecilkan. Klik "Unduh File Sekarang"


Sayangnya layanan ini dibatasi hanya bisa dilakukan 2 kali dalam waktu satu jam. Jika ingin lebih harus menunggu jam berikutnya atau dengan menggunakan browser yang berbeda.

2. Layanan iLovePDF

Untuk memperkecil file PDF dengan layanan online iLovePDF caranya cukup adalah:
  1. Kunjungi situs https://www.ilovepdf.com/compress_pdf
  2. Upload file dengan cara mengklik menu "Select PDF File" atau dengan melakukan drag and drop
  3. Tunggu sejenak hingga sistem berhasil mengupload file
  4. Tampil preview file dan pilihan level kompresi (Extreme, Recomended, dan Less), pilih yang diinginkan atau biarkan default ke Recomended Compression
  5. Klik tombol "Compress PDF"
  6. Tunggu proses kompres. Setelah berhasil klik tombol "Download Compressed PDF" untuk mengunduh hasil file pdf yang telah diperkecil.


Selain kedua layanan tersebut masih banyak lagi layanan kompres pdf online yang bisa digunakan. Kelebihan menggunakan layanan-layanan ini adalah tidak perlu melakukan instalasi pada komputer (laptop). Namun juga memiliki beberapa kekurangan seperti:
  • Harus terkoneksi internet
  • Harus melalui proses unggah dan unduh dokumen yang jika file berukuran besar tentu berdampak pada kuota intermet yang digunakan.
  • Beberapa layanan melakukan pembatasan baik pada berapa banyak melakukan kompres, ataupun ukuran maksimal file yang dapat dikompres.
  • Tidak bisa melakukan pengaturan tingkat kompresi (level kompres) karena ukuran file setelah dikecilkan diotomatisasi oleh sistem.

2. Memperkecil File PDF Secara Offline dengan Aplikasi Gratis


Memperkecil ukuran file pdf dengan menggunakan aplikasi atau software, salah satunya adalah dengan aplikasi yang gratis (freeware). Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tanpa harus membeli lisensi.

1. ORPALIS PDF Reducer Free

Selain memiliki software berbayar, Orpalis Pdf Reduce juga memiliki versi free yang bisa digunakan secara gratis. Meskipun dengan pengurangan beberapa fungsi tetapi sudah cukup untuk memperkecil ukuran file pdf.

Untuk menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu silakan unduh softwarenya di alamat https://orpalis-pdf-reducer-free.en.softonic.com. File intalasi hanya 9,5 Mb. Setelah terunduh silakan instal seperti biasa.

Untuk menggunakannya, caranya adalah:
  1. Klik kotak pada kolom Source untuk memasukkan file pdf yang ingin dikompres
  2. Klik kotak pada kolom Destination untuk menentukan lokasi folder hasil kompres
  3. Klik menu option untuk melakukan pengaturan (jika diperlukan)
  4. Klik Start Bach untuk mulai mengompres file pdf


Kekurangan aplikasi ini adalah saat pertama kali dibuka akan muncul notifikasi untuk mengunduh versi terbaru yang mana versi tersebut adalah versi pro (berbayar).

2. Free PDF Compressor

Free PDF Compressor mampu melakukan kompresi file pdf dengan baik, ringan, dan mudah. Dan yang terpenting aplikasi untuk mengecilkan pdf ini gratis. Hasil pengompresan dapat diatur dalam lima level yang meliputi:
  • Screen: resolusi rendah dengan 72 dpi
  • eBook: resolusi sedang dengan 150 dpi
  • Printer: kualitas tinggi dengan 300 dpi
  • Prepress: kualitas tinggi dengan 300 dpi
  • Default

Untuk menggunakan aplikasi ini silakan unduh di http://www.freepdfcompressor.com. File sebelum instalasi hanya 2,5 MB.


3. PDF Compressor

Aplikasi gratis selanjutnya yang juga ampuh dalam memperkecil ukuran file pdf adalah PDF Compressor. Navigasi dan pengaturan dalam penggunaanya sangat simpel sehingga mudah bagi siapapun juga. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini mampu mengecilkan beberapa file sekaligus.

Untuk menggunakannya, silakan unduh di http://www.pdfcompressor.net/download.html. File instalasi hanya 11 Mb.



2. Memperkecil File PDF Secara Offline dengan Aplikasi Berbayar


Aplikasi-aplikasi pembaca pdf yang berbayar umumnya disertai juga dengan kemampuan melakukan edit dan kompres file pdf. Karena merupakan aplikasi yang berbayar (memakai lisensi) fitur yang ditawarkan juga sangat komplit, termasuk pengaturan dalam melakukan kompresi file pdf.

Diantara pdf reader berbayar yang disertai dengan kemampuan mumpuni dalam mengecilkan file pdf antara lain 
  • Adobe Acrobat Pro
  • Foxit Phantom Pdf
  • Soda PDF
  • Nitro PDF
Untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut memang diharuskan membeli lisensi yang kadang harganya tidak murah. Seperti Foxit Phantom Pdf yang dijual seharga 2 juta rupiah perlisensinya. Sehingga kemampuan untuk mengompress file pdf tidak diragukan lagi.

Sehingga jika di komputer telah terpasang salah satu dari aplikasi-aplikasi pdf reader versi berbayar tersebut silakan dimaksimalkan dalam memperkecil ukuran file pdf. Namun jika tidak ada, pilihan pertama (memperkecil file pdf secara online) ataupun kedua (menggunakan freeware kompres pdf) tetap bisa dilakukan.

Sebagai perbandingan berikut hasil uji coba Ayo Madrasah dalam memperkecil file pdf dengan aplikasi-palikasi tersebut. File awal yang digunakan adalah file hasil scan dengan ukuran 1,7 MB (1700 KB), hasilnya adalah:
  • ORPALIS PDF Reducer Free menjadi 102 KB
  • Foxit Phanthom PDF menjadi 102 KB
  • PDF Compressor menjadi 110 KB
  • iLovePDF menjadi 165 KB
  • SmallPDF menjadi 172 KB
  • Free PDF Compressor 181 KB
  • Soda PDF menjadi 200 KB
Hasil tersebut bisa jadi berbeda tergantung masing-masing file. Namun rata-rata mampu mengecilkan file pdf hingga hampir sepuluh kali lipat lebih kecil.

Itulah kesembilan cara mengecilkan ukuran file pdf baik dengan SmallPDF, iLovePDF, Orpalis Pdf Reduce Free, Free PDF Compressor, PDF Compressor, Adobe Acrobat Pro, Foxit Phantom Pdf, Soda PDF, Nitro PDF. Silakan pilih sesuai dengan kemampuan dan kesukaan masing-masing.


EmoticonEmoticon