12 Jun 2019

Download Soal KSM Madrasah Ibtidaiyah

Download soal KSM jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini memuat kumpulan soal KSM untuk MI yang terdiri atas soal KSM bidang Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Beberapa dari soal KSM tersebut merupakan arsip resmi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama.

Kompetisi Sains Madrasah atau KSM menjadi ajang tahunan dalam bentuk kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Kompetisi ini digelar untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah secara berjenjang. Dimulai dengan kompetisi di tingkat satuan pendidikan (madrasah) yang berlanjut ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga puncaknya di tingkat nasional.

Pada perhelatan di tahun 2019 ini, sebagaimana Ayo Madrasah lansir dari Juknis KSM 2019, akan diselenggarakan mulai pada April - Mei 2019 untuk jenjang satuan pendidikan. Dilanjutkan pada tanggal 13 Juli 2019 untuk tingkat kabupaten/kota dan 3 Agustus 2019 untuk tingkat provinsi. Sedang untuk tingkat nasional akan digelar pada 9 - 13 September 2019.

Soal KSM MI

Baca: Kumpulan Soal KSM 2023 Jenjang MI, MTs, dan MA

Bidang yang dilombakan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah meliputi Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Sedang untuk jenjang MTs meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Dan untuk MA terdiri atas Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Baca Juga:

Kumpulan Soal KSM tingkat Madrasah Ibtidaiyah


Sebelumnya, Ayo Madrasah telah pernah membagikan kumpulan soal KSM untuk Madrasah Ibtidaiyah. Contoh soal yang dibagikan adalah soal-soal KSM antara tahun 2013 - 2017. Bagi yang ingin mengunduhnya sila ke artikel Soal KSM MI Matematika Sains 2013-2017

Untuk melengkapi kumpulan soal KSM tingkat MI, kali ini Ayo Madrasah kembali membagikan beberapa contoh soal KSM. Baik untuk bidang Matematika Terintegrasi maupun Sains IPA Terintegrasi.

Untuk mengunduhnya, sila klik tautan di bawah ini:
  • Kumpulan soal KSM MI Matematika dan IPA Terintegrasi 2013 - 2017 (KLIK DI SINI)
Kumpulan soal KSM Madrasah Ibtidaiyah ini hanya sekedar referensi contoh soal. Sebagai bahan pengenalan dan latihan akan bentuk, format, dan materi Kompetensi Sains Madrasah sesuai bidangnya. Karena itu, untuk persiapan lebih lanjut, tentu dibutuhkan guru pembimbing untuk membina dan mengarahkan persiapan siswa sesuai dengan Petunjuk Teknis KSM yang ada.

Harapannya, dengan melakukan persiapan yang maksimal dan terarah, termasuk dengan mempelajari dan berlatih dengan menggunakan contoh soal KSM Madrasah Ibtidaiyah, calon peserta KSM akan mampu memberikan prestasi terbaiknya.

2 komentar


EmoticonEmoticon