Saturday, February 3, 2018

Direktorat KSKK Madrasah Usung Slogan Baru untuk Madrasah

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam mencoba mengusung slogan atau moto baru bagi madrasah di Indonesia. Saat ini slogan yang kerap digelorakan sekolah di lingkungan Kementerian Agama adalah Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah. Guna penambah semangat madrasah dalam menghadirkan layanan pendidikan terbaik bagi putra-putri negeri Direktorat KSKK Madrasah mecoba mengenalkan semboyan dan slogan baru yakni, Madrasah Hebat Bermartabat.

"Mulai tahun 2018 ini, kita mengusung semangat baru dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat," demikian diungkap oleh Direktur KSKK Madrasah, A. Umar di Jakarta, sebagaimana dilansir situs pendis.kemenag.go.id, Kamis (01/02) silam.

Menurut asal kata, hebat merupakan bentuk adjektiva (kata yang menjelaskan nomina atau pronomina) yang memiliki arti terlampau, amat sangat (dahsyat, ramai, kuat, seru, bagus, menakutkan, dan sebagainya). Sedangkan bermartabat merupakan bentuk kata kerja dari martabat yang berarti memiliki tingkat harkat kemanusiaan atau harga diri.

Makna Slogan Madrasah Hebat Bermartabat


Madrasah Hebat Bermartabat

Sedang Direktur KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag, memaknai hebat dalam slogan 'Madrasah Hebat Bermartabat' tidak hanya dinilai dari segi fisik saja. Namun juga tercermin dari hebat pada siswa dan lulusan madrasah, hebat dalam gurunya mengajar, hebat dalam menyalurkan ilmunya ke masyarakat, hebat prestasi, hebat kualitas siswa serta hebat dalam tata kelola kelembagaan.

Sedangkan martabat identik dengan pembangunan karakter peserta didik guna menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah.

Madrasah hebat bermartabat menggambarkan semangat madrasah untuk menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik dibandingkan sekolah umum. Hal ini dapat dilihat dari indikator peningkatan performa Madrasah, performa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang penuh prestasi, performa siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun bidang non akademik.

Baca Juga:



Sehingga kedepannya madrasah semakin menjadi pilihan utama orang tua dalam menyekkolahkan putra-putrinya mulai dari tingkat PAUD, Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Semoga dengan slogan baru madrasah tersebut menjadikan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang unggul di setiap daerah, dalam menyongsong Indonesia emas.


EmoticonEmoticon