Monday, September 4, 2017

Daftar LPTK dan Cara Memilih LPTK Saat Daftar PLPG 2017

Daftar LPTK dan cara memilih LPTK saat melakukan pendaftaran calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah (PLPG Kemenag) Tahun 2017 sempat membuat beberapa PTK kebingungan. Pasalnya, tidak jarang LPTK yang diinginkan dan jaraknya terjangkau dari lokasinya tidak tersedia. Akibatnya tidak sedikit calon peserta Sertifikasi Guru yang menjadi bimbang saat mengisi form isian S34 untuk mengajukan Verifikasi Berkas calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah 2017.

Beberapa pertanyaan terkait sempat ditanyakan di Fans Page Ayo Madrasah. Agar admin Ayo Madrasah tidak harus menjawab secara berulang, artikel tentang cara memilih LPTK saat mendaftar sebagai Calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah tahun 2017 ini dibuat.

Tidak menutup kemungkinan, masih banyak juga PTK yang kebingungan terkait hal ini.

Memilih Daftar LPTK

Berikut ini adalah penjelasan singkat terkait dengan daftar LPTk yang akan menyelenggarakan PLPG bagi calon sergur Kemenag 2017 dan bagaimana cara mengisi (memilihnya) saat pengajuan S34a. Penjelasan akan dibagi dalam dua bagian, yaitu bagi calon peserta sertifikasi mapel umum, dan bagi mapel PAI, Guru Kelas RA, dan Guru Kelas MI.

Baca juga : Dokumen Penunjang Ajuan Calon Peserta Sergu Madrasah 2017

1. Bagi Peserta Sertifikasi Mapel Umum


Daftar LPTK dan cara memilihnya untuk PLPG sertifikasi mata pelajaran umum ini maksudnya adalah semua mata pelajaran terkecuali mapel-mapel Pendidikan Agama Islam, Guru Kelas RA, dan Guru Kelas MI.

Saat form pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi Guru Kemenag, PTK yang memilih mata pelajaran ini akan diberikan beberapa pilihan LPTK. Jumlah dan nama LPTK yang ditampilkan adalah LPTK-LPTK yang menyelenggarakan sertifikasi mapel-mapel tersebut.

Sehingga jika seorang guru memilih Bahasa Indonesia, maka yang daftar LPTK yang ditampilkan adalah LPTK yang memang menyelenggarakan sertifikasi Bahasa Indonesia. Pun demikian untuk mata pelajaran lainnya.

Calon peserta tinggal memilih salah satu LPTK yang disukai dengan pertimbangan masing-masing semisal jarak (lokasi).

2. Bagi Mapel PAI, Guru Kelas RA, dan Guru Kelas MI


Agak berbeda dengan mapel umum, bagi guru yang mendaftar sertifikasi untuk mata pelajaran Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI, Bahasa Arab, Guru Kelas RA, dan Guru Kelas MI akan ada pembagian perrayon.

Kementerian Agama telah membaginya dalam 3 rayon yang meliputi:

  • Rayon I
    • Rayon I diperuntukkan bagi pendaftar dari provinsi Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara
    • LPTKnya terdiri atas:
      • Rayon : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
      • Subrayon : UIN Syarif Kasim Riau; UIN Raden Fatah Palembang; UIN Sunan Gunung Djati Bandung; dan IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh
      • Mitra : IAIN Medan Sumatera Utara; IAIN Bengkulu; IAIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi; IAIN Raden Intan, Lampung; IAIN Imam Bonjol, Padang; IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten; dan IAIN Pontianak
  • Rayon II
    • Rayon II diperuntukkan bagi pendaftar dari DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara
    • LPTKnya terdiri atas:
      • Rayon : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
      • Subrayon : UIN Walisongo Semarang
      • Mitra : IAIN Samarinda; IAIN Antasari Banjarmasin; IAIN Syekh Nurjati Cirebon; IAIN Surakarta; dan IAIN Palangkaraya
  • Rayon III
    • Bali, Gorontalo, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara
    • LPTKnya terdiri atas:
      • Rayon : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
      • Subrayon : UIN Alaudin Makassar; UIN Sunan Ampel Surabaya
      • Subrayon : IAIN Tulungagung; IAIN Mataram; IAIN Sultan Amai Gorontalo; IAIN Ambon; dan IAIN Datokrama Palu


Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

Daftar LPTK PLPG Kemenag 2017

Rayon merupakan universitas yang memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan verifikasi calon peserta di tingkat LPTK, mengumunkan hasil verifikasi, dan melaksanakan PLPG. Sedangkan Subrayon adalah universitas yang menjadi penyelenggara PLPG 2017. Sedangkan mitra adalah perguruan tinggi pendukung pelaksanaan PLPG.

3. Studi Kasus Pemilihan LPTK


Sebuah studi kasus. Aisyah, Seorang PTK yang berasal dari provinsi Aceh mendaftar sebagai Calon Peserta Sertifikasi Guru 2017.

  • Saat Aisyah memilih LPTK di form Simpatika, pilihan LPTK yang muncul hanya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan melakukan verifikasi, pengumuman sebagai peserta, dan menetapkan lokasi PLPG bagi Aisyah.
  • Saat lulus sebagai peserta PLPG 2017, mungkin saja Aisyah akan diikutkan di LPTK Subrayon terdekat dengan lokasinya yakni IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh.
  • Namun bisa juga di LPTK lain jika ternyata kuota untuk LPTK Subrayon tersebut berlebih atau malah sangat kurang.
Daftar LPTK, cara meilih LPTK saat mendaftar sertifikasi guru 2017, dan studi kasus di atas semoga mampu memberikan gambaran sederhana bagi calon peserta sertifikasi guru Kemenag 2017.

3 comments

Terima kasih..infonya sangat membantu sekali..

kenapa lptk yg saya inginkan berobah pas di S34B, sedangkan di S34a lptk yg saya pilih UNP tapi pas di s34b berubah lptknya menjadi UNS gimana solusinya

aslmkm wrwb,,,saya punya kasus pengajuan lptk..dimana lptk yg saya ajukan di s34a adalah UNP sumatera barat tp pas di s34b LPTnya berubah di UNS jawa tengah..semntara jarak saya dgn lptk tersebut sangat jauh dari sumatera barat


EmoticonEmoticon