21 Jun 2017

Daftar Linieritas dan Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdiri atas berbagai mata pelajaran, utamanya adalah Al Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Juga berbagai nama mata pelajaran sejenis lainnya. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab tersebut memiliki aturan terkait dengan linieritas masing-masing, atau biasa disebut sebagai mata pelajaran yang serumpun di Madrasah.

Linieritas adalah kesesuaian mata pelajaran yang diampu seorang guru dengan sertifikat pendidik dan NRG yang dimiliki guru tersebut. Sedang rumpun mata pelajaran biasa diartikan sebagai daftar mata pelajaran yang linier dengan mapel tertentu.

Satu mata pelajaran bisa linier dengan mata pelajaran lainnya. Demikian juga dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang diajarakan baik di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun Madrasah Aliyah.

Linieritas dan Rumpun Mapel PAI

Sebelumnya, khusus di Madrasah Ibtidaiyah, Ayo Madrasah pernah menerbitkan daftar mata pelajaran yang linier di MI. Silakan baca : Linieritas Mapel Sertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah

Linieritas dan rumpun mata pelajaran ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kewajiban mengajar minimal 24 jam tatap muka bagi seorang guru. Seorang guru dengan sertifikat pendidikan Akidah Akhlak, umpama, bisa jadi tidak dapat memenuhi syarat menimal jumlah 24 JTM jika hanya mengajar mata pelajaran tersebut saja. Sehingga guru tersebut dapat mengajar juga mapel-mapel lain yang linier dan serumpun dengan Akidah Akhlak.

1. Daftar Linieritas Mapel PAI dan Bahasa Arab


Linieritas mata pelajaran telah diatur beberapa aturan yang salah satunya adalah KMA Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik. Dalam PMA tersebut telah diatur rumpun dan daftar mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang linier dengan ,mapel lainnya.

Berikut tabel daftar linieritas kode mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab berdasarkan KMA Nomor 103 Tahun 2015.

No
Bidang Studi Sertifikasi
Kode Bidang Sertifikasi
Mapel yang Sesuai
2 Pendidikan Agama Islam 030, 067, 127, 300 1. Pendidikan Agama Islam,
2. Alquran Hadist,
3. Aqidah Akhlak,
4. Fiqih,
5. Sejarah Kebudayaan Islam
3 Alquran Hadist 022, 085, 093, 236, 711, 712 1. Alquran Hadist,
2. Aqidah Akhlak,
3. Fiqih,
4. Sejarah Kebudayaan Islam,
5. Tafsir ilmu Tafsir,
6. Hadis Ilmu Hadis
4 Aqidah Akhlak 068, 069, 128, 235, 629, 712 1. Aqidah Akhlak,
2. Alquran Hadist,
3. Fiqih,
4. Sejarah Kebudayaan Islam,
5. Ilmu kalam,
6. Tasawuf
5 Fiqih 068, 069, 129, 133, 237, 271, 713 1. Fiqih,
2. Aqidah Akhlak,
3. Alquran Hadist,
4. Sejarah Kebudayaan Islam,
5. Fiqih-Ushul Fiqih,
6. Qawaid-Fiqhiyah,
7. Tarikh-Tasyri
6 Sejarah Kebudayaan Islam 068, 083, 117, 204, 238, 714 1. Sejarah Kebudayaan Islam ,
2. Alquran Hadist,
3. Aqidah Akhlak,
4. Fiqih
7 Bahasa Arab 069, 085, 167, 239, 314 1. Bahasa Arab,
2. Nahwu,
3. Shorof,
4. Balaghah

2. Daftar Rumpun Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab


Daftar rumpun mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab berdasarkan Surat bernomor 360/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.00/04/2017. Surat tertanggal 17 April 2017 ini berperihal Daftar Rumpun PAI dan Bahasa Arab.

No
Mata Pelajaran
Rumpun Mata Pelajaran
1 Al Quran Hadis 1. Qira'ah Qur'an
2. Tahfidz al-Qur'an
3. Ilmu Tajwid
4. Ulumul Qur'an
5. Tafsir
6. Ulumut Tafsir
7. Hadis
8. Ulumul Hadis/ Musthalah Hadis
2 Aqidah Akhlak 1. Aqidah / Tauhid
2. Ilmu Kalam
3. Akhlak
4. Tashawuf
3 Fikih 1. Fiqih
2. Ushul Fiqih
3. Qaidah Fiqhiyah
4. Ilmu Faraidl
4 Sejarah Kebudayaan Islam 1. Sejarah Kebudayaan Islam
2. Tarikh
3. Sirah Nabawiyah
5 Bahasa Arab 1. Bahasa Arab
2. Qira'atul Kutub
3. Imla'
4. Hiwar
5. Khath/ Tahsinul Khath
6. Nahwu
7. Sharaf
8. Qaidah Sharaf/ Qaidah l'Ial
9. l'Ial
10.Qaidah I'rab
11.I'rab
12.1Imu Balaghah
13.1Imu Bayan
14.1Imu Mantiq
15. Ilmu Arudl

Demikian lah daftar linieritas kode mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab berdasarkan KMA Nomor 103 Tahun 2015 dan daftar rumpun mapel PAI dan Bahasa Arab berdasarkan SE 360/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.00/04/2017. Daftar linieritas dan rumpun mapel PAI dan Bahasa Arab ini semoga bermanfaat.

10 komentar

  1. Rencana 2018 salah satu anak saya mau saya masukan ke Madrasah Tsanawiyah, karena pendidikan karakter agamanya lebih bagus dari sekolah umum lainnya, selasin itu beberapa teman saya mengajar disana jadi lebih mudah pantau tumbuh kembang anak saya...

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, mau bertanya
    saya pnya serdik kterangannya Pendidikan Agama Islam (Fiqih)
    itu apakah linier dengan PAI saja

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum.wr.wb
    saya punya serdik keterangannya Pendidikan Agama Islam (Fiqih) apakah linier kalo ngajar PAI di sekolah?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum. Saya sertifikasi mapel Fikih. Kami ada dua orang guru yg sertifikasi mapel Fikih di tempat saya ngajar. Di karenakan rombel nya cuman 9 dan saya baru sertifikasi 2019, saya tidak ada kebagian jam fikih. Apakah saya bisa ngajar Ushul fikih 24 jam tanpa ada satu jam mata pelajaran fikih sebagai mapel sertifikasi saya? Mohon jawabannya BPK/ibuk. Terima kasih. Wss

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum...saya punya serdik PEDIDIKAN BAHASA ARAB. ( PBA ) apa tidak serumpun dengan PAI...

    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, saya memiliki jurusan kependidikan Islam, mengapa tidak linier dalam mengajar rumpun Pai?

    BalasHapus
  7. Maaf saya mau bertanya..
    Apakah aturan linearitas ini hanya berlaku untuk kemenag,?
    Atau berlaku juga untuk kemendikbud?
    Soalnya saya lulusa Pendidikan Bahasa Arab ( PBA ), HONOR di SMP Negeri, tapi tidaj bisa ikut test P3K dikarenakan tidak ada formasi bahasa arab, padahal kalau melihat aturan ini saya bisa ikut test dengan mengambil formasi PAI..
    Gimana tanggapannya?

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum. Saya Jurusan Sejarah Peradaban Islam. Tapi saya mengajar Pendidikan Agama Islam. Apakah itu linear dengan jurusan saya?

    BalasHapus
  9. ASSALAMUALAIKUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BISA TIDAK LINERNYA KE PENDIDIKAN SEJARAH, MOHON JAWABANYA

    BalasHapus
  10. Saya mau bertanya jurusan saya pendidikan agama islam, apakah linier ke pendidikan sejarah

    BalasHapus


EmoticonEmoticon