5 Mei 2017

Contoh Format Buku Kasus Siswa

Buku Kasus Siswa (atau disebut juga Buku Catatan Kasus Siswa) adalah buku catatan yang berisikan kasus-kasus yang pernah dilakukan oleh siswa, beserta dengan tindak lanjut dan penyelesaian yang telah dilakukan. 


Sebagai bentuk tertib administrasi bimbingan konseling terhadap siswa di madrasah, kali ini Ayo Madrasah memberikan contoh format Buku Kasus Siswa tersebut dalam bentuk doc (microsoft word).

Buku ini berfungsi sebagai catatan dan dokumentasi berbagai kasus pelanggaran terhadap tata tertib dan norma yang melibatkan siswa sebagai pelakunya. Buku Catatan Kasus Siswa juga menjadi implementasi bentuk bimbingan dan konseling yang dilakukan baik oleh guru BK (di tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah) maupun guru kelas (di tingkat Madrasah Ibtidaiyah).

Sehingga satuan pendidikan dapat membantu mengatasi kelemahan, hambatan, maupun masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Agar peserta didik mampu mandiri, melakukan pengendalian diri, dan berkembang secara optimal.

Buku Kasus Siswa

Pun sebagai dokumentasi, Buku Kasus Siswa dapat digunakan sebagai alat bukti fisik saat pihak madrasah (guru BK, guru kelas, maupun Kepala Madrasah) saat menghadapi pihak-pihak tertentu terkait suatu kasus yang melibatkan siswa. Di mana pada Madrasah Ibtidaiyah, guru kelas (wali kelas) sekaligus bertindak sebagai penyelenggara bimbingan dan konseling siswa.

1. Format Buku Catatan Kasus Siswa


Format catatan kasus siswa sedikitnya memuat hal-hal sebagai berikut:

  • Nomor urut kasus
  • Tanggal terjadinya kasus
  • Nama siswa yang terlibat dalam sebuah kasus
  • Kelas siswa
  • Deskripsi kasus yang terjadi
  • Tindak lanjut yang dilakukan oleh Guru BK, Guru Kelas, ataupun pihak madrasah
  • Penyelesaian akhir terhadap kasus tersebut
Adapun contoh format buku kasus siswa adalah sebagaimana gambar berikut ini.

Contoh Buku Kasus Siswa

Format tersebut tentunya dapat disesuaikan berdasarkan kondisi madrasah masing-masing.

2. Download Format Buku Kasus Siswa


Untuk memudahkan para Guru BK dan Guru Kelas, Blog Ayo Madrasah menyertakan contoh format buku kasus siswa dalam format microsoft word (doc). Format tersebut dapat diunduh di bawah.
Semoga contoh format buku kasus siswa atau buku catatan kasus siswa yang Ayo Madrasah bagikan, dapat membantu Guru BK dan Guru Kelas di madrasah dalam melakukan fungsi bimbingan konseling bagi peserta didiknya.

7 komentar


EmoticonEmoticon