Friday, April 14, 2017

KBBI V Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik

KBBI V (Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima) menjadi aplikasi Kamus Bahasa Indonesia terbaik. Bagi guru madrasah, apalagi guru kelas dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, aplikasi yang tersedia untuk android, IOS, dan web ini tampaknya menjadi aplikasi wajib dan harus dimiliki. Pun bagi siswa madrasah.

Bahasa Indonesia kerap kali diremehkan. Mungkin lantaran dirasa mudah dan sudah biasa dipergunakan sehari-hari. Sehingga tidak jarang orang (termasuk guru madrasah) memilih memasang aplikasi kamus berbagai Bahasa Asing dalam android sedangkan Kamus Bahasa Indonesia justru tidak.

Padahal harus diakui, kerap kali kita masih saja salah dalam menggunakan Bahasa Indonesia, kerap luput membedakan mana kata baku dan tidak baku, gamang dalam mendefinisikan sebuah kalimat, hingga tidak memahami arti sebuah ungkapan hingga peribahasa. Hal-hal tersebut, seharusnya dapat diminimalisir jika kita memiliki kamus Bahasa Indonesia yang akurat dan mudah diakses dimana saja dan kapan saja.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima

Membawa dan membuka Kamus Bahasa Indonesia versi cetak dirasa kurang praktis. Apalagi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V), memiliki 127.036 lema dan makna sehingga tebalnya mencapai 2.040 halaman. KBBI V yang dirilis bulan Oktober 2016 silam merupakan pengembangan dari KBBI IV yang telah dipergunakan semenjak 2008 silam.

1. Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V


Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V dapat diakses secara online (daring). Baik melalui versi web maupun aplikasi android dan IOS.

Untuk versi web, KBBI V dapat diakses dengan membuka laman https://kbbi.kemdikbud.go.id yang tentunya berjalan secara online.

Sedangkan untuk versi Android dan IOS, setelah terpasang dapat tetap digunakan meskipun tanpa akses internet. Yup, aplikasi ini dapat berjalan secara luring  (offline).

2. Kelebihan Aplikasi KBBI V


Cukup banyak aplikasi kamus Bahasa Indonesia baik untuk android maupun IOS. Namun dapat dipastikan, KBBI V merupakan aplikasi terbaik hingga saat ini. Selain merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, KBBI V memiliki berbagai kelebihan. Bukan sekedar memberikan arti sebuah kata belaka namun dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat membantu. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah.


  • Mencari kata dengan cepat dan lengkap
Tinggal mengetikkan kata yang hendak dicari artinya, dan aplikasi KBBI akan menghadirkan arti kata secara cepat tanpa loading (menunggu). Saat pengetikan kata dilakukan, pun akan ditampilkan saran kata-kata lain yang terkait.

Dalam setiap arti kata yang ditampilkan, disertakan juga penghubung (link) dengan berbagai gabungan kata, kata turunan, dan peribahasa yang terkait dengan kata tersebut.

Semisal kita mengetikkan kata "makan", maka aplikasi akan menampilkan:

  • Arti kata makan
  • Gabungan Kata yang mengandung kata makan seperti, makan ampun, makan angin, makan asam garam, makan waktu, makan malam, makan hati, makan gaji, makan sekolah, dll. gabungan kata ini ketika diklik akan menampilkan arti masing-masing.
  • Kata turunan dari kata "makan" seperti: dimakan, makan-makan, makanan, memakan, termakan, dll. Kata turunan tersebut saat diklik akan menampilkan artinya.
  • Peribahasa yang mengandung kata "makan" seperti, kenyang makan garam, makan hati berulam jantung, kalau guru makan berdiri maka murid makan berlari, dll. Peribahasa ini jika diklik akan menampilkan artinya.

Berikut contoh hasil pencarian dari kata "makan"

Aplikasi KBBI V


  • Mencari Peribahasa dan gabungan kata
KBBI V dilengkapi dengan fitur pencarian peribahasa dan gabungan kata. Pengguna cukup mengetikkan kata dari sebuah peribahasa atau gabungan kata dan aplikasi akan menampilkan pilihan berbagai peribahasa dan gabungan kata yang sesuai. Jika dipilih akan ditampilkan artinya.

Seperti kalau pengguna mengetikkan kata madrasah, maka akan ditampilkan pilihan kata dan gabungan kata mulai dari madrasah, madrasah ibtidaiyah, madrasah aliyah, dan madrasah sanawiyah. Jika kata dan gabungan kata tersebut diklik, aplikasi akan menampilkan artinya.

Aplikasi KBBI V


  • Kata dari berbagai bahasa

Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima juga dilengkapi dengan kata-kata (beserta artinya) dari berbagai bahasa. Mulai dari beberapa bahasa asing seperti bahasa Arab, Belanda, Inggris, Itali, Jerman, dan Spanyol, hingga berbagai bahasa daerah di Indonesia seperti bahasa Aceh, Asmat, Bali, Banjar, Bugis, Jawa, Madura, Sasak, Sunda, Waropen, dan lainnya.

Aplikasi KBBI V



  • Antarmuka yang sederhana, ringan dan bebas iklan

Tampilan Aplikasi KBBI V sangat sederhana sehingga memudahkan bagi para penggunanya yang belum pernah menggunakannya sekallipun. Selain itu aplikasi ini sangat ringan dengan respon yang cepat. Yang paling, aplikasi KBBI V bebas dari iklan.


  • Berjalan secara luring (offline)

Jaringan internet hanya dibutuhkan ketika melakukan pemasangan (instalasi) dan update saja. Selebihnya, aplikasi ini berjalan secara luring (offline) sehingga tidak membutuhkan jaringan internet. Selain cepat, hal ini tentu akan sangat menghemat kuota internet penggunanya.


  • Gratis

Aplikasi KBBI V dapat digunakan secara secara gratis

3. Download Aplikasi KBBI V


Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V) tersedia untuk android dan IOS, tentunya disamping versi daring yang tersedia di situs kbbi.kemdikbud.go.id. Untuk android dan IOS, dapat diunduh di :



Dengan melihat fitur-fitur yang disediakan aplikasi KBBI V ini, sudah sewajarnya jika kemudian aplikasi Kamus Bahasa Indonesia ini menjadi aplikasi yang wajib ada di gawai setiap guru dan siswa madrasah. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima menjadi keniscayaan untuk menunjang proses pembelajaran, terutama mata pelajaran Bahasa Indonesia, di sekolah dan madrasah kita.


EmoticonEmoticon