Wednesday, March 22, 2017

Fitur Baru Emis: Lembaga Bisa Cek Kesalahan Sendiri

Tags

Seiring berjalannya updating emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, tim teknis emis pusat, meluncurkan fitur atau menu baru di akun lembaga. Fitur baru tersebut "Cek Data" dimana operator RA/Madrasah dapat mengecek sendiri data yang diupload sudah benar atau masih ada kesalahan.

Dengan menu baru emis ini, setelah mengupload data emis hasil backup ke situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/, operator RA dan Madrasah tidak perlu bolak-balik menanyakan ke admin Emis Kabupaten terkait hasil unggahan emisnya sudah benar ataukah masih ada bagian yang salah, yang ditandai dengan status cek ulang. Justru operator madrasah dapat langsung mengeceknya melalui akun emis madrasah masing-masing.

Sebelumnya, setelah mengupload data emis dan mengklik tombol konfirmasi di situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/, operator RA/Madrasah harus meminta bantuan kepada operator emis tingkat kabupaten/kota untuk melakukan pengecekan. Jika terdapat data yang salah (ditandai dengan status cek ulang) maka Operator Kab/Kota akan membatalkannya kembali dan operator madrasah harus mengeditnya kembali.

Ribet memang.

Apalagi jika harus mengalami kesalahan berulang kali. Bisa dibayangkan ribetnya Operator RA/Madrasah, apalagi Operator Kabupaten/Kota yang harus melayani ratusan lembaga dalam wilayahnya.

Menu cek data emis

Baca Juga Artikel Terkait Emis:



Sebelum Konfirmasi Klik Dulu Menu Cek Data


Rupanya kondisi mendapat perhatian dari Tim Teknis Emis Pusat dengan ditambahkannya menu "Cek Data" pada akun emis lembaga.

Dengan mengklik menu "Cek Data" operator RA/Madrasah dapat melihat status kesalahan dari masing-masing komponen yang diuploadnya.

Berikut ini tampilan menu "Cek Data"

Menu cek data emis

Sehingga dengan mengetahui data-data mana saja yang masih salah, operator tingkat lembaga dapat segera melakukan perbaikan tanpa harus ribet bertanya bolak-balik kepada Operator Emis Kab/Kota.

Namun harus diingat, menu ini hanya bisa dilihat sebelum operator melakukan konfirmasi.

Jadi setelah mengupload form lembaga, form siswa, form PTK, dan form lulusan, sempatkan dulu untuk melihat tampilan pada menu "Cek Data". Jika statusnya sudah "OK" semua, barulah klik menu "Konfirmasi".

Sebaliknya, jika ada yang berstatus "Cek Ulang" maka lakukanlah perbaikan data emis terlebih dahulu dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis kemudian lakukan upload ulang pada form yang mengalami kesalahan tersebut.

Karena begitu menu "konfirmasi" diklik maka akses untuk membuka akun emis lembaga akan ditutup.

Sehingga bagi rekan-rekan yang emisnya sudah beres dan sudah terlanjur melakukan konfirmasi, dengan amat terpaksa tidak bisa merasakan fitur baru emis: Cek Kesalahan Data tersebut.

4 comments


EmoticonEmoticon