Thursday, February 9, 2017

Perubahan dan Tahapan Update Emis Semester Genap 2016/2017

Tags

Ada yang berubah dengan tahapan update data emis di semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ini dibanding semester sebelumnya. Nantinya akan ada lembaga yang harus melakukan update data emis secara tahap pertahap (seperti update emis biasanya), namun ada juga lembaga yang boleh hanya melakukan tahapan terakhir saja, yakni mengklik tombol konfirmasi di laman emis online.

Sebagaimana diketahui, update emis pada periode sebelumnya terdiri atas tiga tahapan. Tahapan itu yaitu:

  1. Entri offline melalui Form Excel Emis 
  2. Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis 
  3. Upload Emis dan Konfirmasi data secara online

1. Konsep Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017


Update data Emis di semester genap tahun pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil yang lalu. Artinya, pusat data emis menggunakan kembali data hasil entri emis semester kemarin.

Data hasil semester ganjil tersebut dimunculkan kembali di laman upload emis online (http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617). Sehingga bagi lembaga yang pada semester ganjil kemarin telah mengupdate data dengan benar (tidak ada yang keliru) dan tidak mengalami perubahan data, maka operator RA/Madrasah tersebut cukup mengklik ulang tombol 'konfirmasi' di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617.

Intinya akan ada dua kelompok lembaga dengan status yang berbeda. Keduanya adalah:

  1. Lembaga yang boleh langsung melakukan konfirmasi di emis online
  2. Lembaga yang harus melakukan update data mulai dari awal, yakni mulai tahap pertama (entri Form Excel Emis), dilanjut tahap kedua, hingga tahap ketiga (Upload dan Konfirmasi Emis)


Tahapan Update Emis

Baca Juga:


2. Operator Kabupaten/Kota Akan Merilis Daftar Kesalahan


Pada akun operator emis di tingkat Kabupaten/Kota akan muncul daftar RA dan Madrasah yang telah melakukan updating data emis di semester ganjil kemarin, lengkap dengan kesalahan-kesalahan yang dideteksi oleh sistem.

Berbekal daftar tersebut, Operator Kabupaten/Kota akan memerintahkan Operator Emis lembaga yang bersangkutan untuk memperbaiki kesalahannya.

3. Lembaga yang Boleh Langsung Konfirmasi

Lembaga yang boleh langsung konfirmasi ini maksudnya adalah operator lembaga tersebut boleh untuk tidak melakukan tahapan-tahapan update emis sebelumnya. Tidak perlu melakukan entri data di Form Excel Emis, tidak perlu melakukan validasi (backup) dengan Aplikasi Desktop Emis, bahkan tidak perlu melakukan upload hasil backup emis.

Operator cukup login di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617 kemudian mengklik tombol "Konfirmasi". Ya, hanya mengklik tombol konfirmasi dan selesai.

RA dan Madrasah yang boleh seperti itu adalah lembaga yang memenuhi kedua kriteria berikut ini:
  1. Data semester genap sama dengan semester ganjil, alias tidak ada perubahan
  2. Tidak termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota).

4. Lembaga yang Harus Update Emis dari Awal


Kondisi berbeda harus dijalani oleh lembaga dengan kriteria berikut ini:

  1. Data semester genap mengalami perubahan. Baik perubahan data lembaga, data siswa, data lulusan, maupun data personal.
  2. Termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota)
Lembaga ini harus melakukan update data emis seperti biasa yaitu melewati tahapan-tahapan sebagai berikut: 

  1. Entri offline melalui Form Excel Emis 
  2. Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis 
  3. Upload Emis dan Konfirmasi data secara online

5. Upload Hanya Data yang Salah


Bagi lembaga yang harus melakukan update data emis dari tahap awal (entri form excel), saat melakukan upload file hasil validasi (backup) tidak harus mengupload seluruh hasil backup. Cukup pada bagian yang salah atau berubah saja.

Semisal sebuah lembaga mengalami perubahan data siswa sedangkan data lainnya (data lembaga, data personal, dan data lulusan) tidak berubah dan tidak salah, maka yang diupload cukup file backup siswa saja.

Demikian perubahan-perubahan dan tahapan yang harus dilalui pada update emis periode semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.



EmoticonEmoticon