Tuesday, November 15, 2016

Kapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Madrasah 2016?

Kapan pelaksanaan sertifikasi guru madrasah tahun 2016? Pertanyaan penuh harap yang muncul pasca terbitnya SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016 tentang Penetapan Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016.

Namun rupanya harapan untuk segera mengikuti pelaksanaan sertifikasi guru Madrasah tahun 2016 harus pupus sejenak. Beberapa hari silam, Direktur Jenderal Pendidikan Islam mengeluarkan surat edaran Nomor 4395/DJ.I/PP.00.6/11/2016. Surat edaran tertanggal 10 November 2016 yang ditandatangani Kamarudin Amin tersebut berisi tentang penundaan pelaksanaan program sertifikasi guru madrasah tahun 2016.

Lho?

pelaksanaan program sertifikasi guru madrasah

Ya, dengan alasan efisiensi anggaran maka pelaksanaan program sertifikasi guru madrasah dalam jabatan tahun 2016 ditunda pada tahun berikutnya. Sedangkan calon peserta sertifikasi guru madrasah tahun 2016 yang terlanjur ditetapkan berdasarkan SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016, urung mengikuti sertifikasi guru tahun ini, dan akan dijadikan sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru di tahun berikutnya.

Bunyi surat edaran Dirjen Pendis Nomor 4395/DJ.I/PP.00.6/11/2016 tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut.

Sehubungan dengan pelaksanaan efisiensi anggaran pada program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, bersama ini kami sampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan penyesuaian dengan penghematan anggaran pada DIPA tahun anggaran 2016.
Oleh karena itu, pelaksanaan program sertifikasi guru madrasah dalam jabatan tahun 2016 ditunda pada tahun berikutnya. Adapun calon peserta yang sudah ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5971 Tahun 2016 akan dijadikan sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru tahun berikutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Atau simak surat selengkapnya sebagaimana gambar berikut ini (klik untuk memperbesar gambar):


Meskipun pelaksanaan sertifikasi guru madrasah mengalami penundaan hingga tahun depan, semoga para guru madrasah tetap semangat. Semangat dalam mencerdaskan putra-putri bangsa, semangat mengabdi pada madrasah.

Tuesday, November 8, 2016

Daftar Calon Peserta PLPG 2016 Kemenag Mapel Umum (SK Dirjen No 5971 Tahun 2016)

Daftar calon peserta sertifikasi Guru Kemenag Tahun 2016 yang dinanti-nanti akhirnya muncul juga. Melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5971 Tahun 2016, Direktur Jenderal Pendidikan Islam akhirnya merilis Penetapan Calon Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016.

SK Dirjen Nomor 5971 Tahun 2016 yang tandatangani pada tanggal 24 Oktober 2016 tersebut memuat daftar calon Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016. Nama-nama yang tercantum dalam lampiran keputusan tersebut akan mengikuti sertifikasi guru melalui pola pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) dan pola pemberian sertifikat pendidik secara langsung pada LPTK/PTU yang ditunjuk.

Adapun daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016 tersebut terdiri atas guru-guru pada tingkatan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah di-Indonesia. Jumlahnya 'hanya' 1504 pendidik saja.

Calon Peserta Sertifikasi 2016


Download SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016


Untuk lebih jelasnya tentang daftar daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016, tersebut silakan download SK Dirjen Nomor 5971 Tahun 2016 di bawah ini.

SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016, DOWNLOAD

Download Lampiran SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016


SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016 tersebut dilengkapi dengan lampiran yang berisikan daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016 per provinsi.

Seperti disampaikan di di atas, SK Dirjen ini memuat daftar 1504 calon peserta sertifikasi guru. Ke-1504 pendidik tersebut paling banyak berasal dari provinsi Jawa Timur dengan jumlah mencapai 478 pendidik, disusul oleh Jawa Tengah (246 pendidik), Jawa Barat (178 pendidik), Sumatera Utara (94 pendidik) dan Nusa Tenggara Barat (58 pendidik).

Untuk mengunduh lampiran SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016 tentang Penetapan Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016, klik tautan berikut ini.


  • Lampiran SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016, semua provinsi, DOWNLOAD
  • Lampiran SK Dirjen No. 5971 Tahun 2016 perprovinsi

Demikian SK Dirjen Nomor 5971 Tahun 2016 tentang Penetapan Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah untuk Mata Pelajaran Umum Tahun 2016 beserta lampirannya. Semoga bermanfaat.

Tuesday, November 1, 2016

Cara Screenshot Gambar Website Satu Halaman Penuh

Tags
Bagi operator madrasah, melakukan screenshot gambar halaman website menjadi hal yang lumrah. Namun jika mengambil gambar tampilan website (screenshot) website satu halaman penuh, mungkin ada beberapa yang kesulitan.

Umumnya saat melakukan screenshot (capture), gambar website yang ditangkap sebatas pada halaman yang tertampil di layar laptor atau PC. Artinya, yang ter-screenshot hanya bagian yang nampak di layar saja. Jika ingin mengambil keseluruhan tampilan sebuah website utuh satu halaman, apalagi tampilannya memanjang ke bawah, harus melakukan screenshot berulang kali.

Padahal kita bisa dengan mudah melakukan screenshot gambar website satu halaman penuh.

Pengambilan screenshot gambar website satu halaman penuh bisa dilakukan dengan memanfaatkan bantuan addons atau extension browser. Dengan memasang addons atau extension kita bisa mengambil screenshot (capture) penuh satu halaman website dengan sangat mudah.

Addons atau extension browser tersebut adalah Awesome Screenshot.

screenshot gambar website satu halaman penuh

Untuk dapat menggunakan addons atau extension  Awesome Screenshot ini, sebelumnya kita harus mendownload dan menginstalnya.

1. Download dan Instal Awesome Screenshot


Bagi pengguna Google Chrome, untuk mendownload dan menginstalnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk browser Google Chrome, silakan buka halaman https://chrome.google.com/webstore/detail/awesome-screenshot-minus/bnophbnknjcjnbadhhkciahanapffepm?hl=en (copy dan paste ke browser) dengan menggunakan browser Chrome
  2. Muncul halaman Awesome Screenshot Minus, klik "Add to Chrome" yang ada di pojok kanan atas.
  3. Muncul notifikasi, klik "Tambahkan Ekstensi"
  4. Selesai, ekstensi Awesome Screenshot berhasil dipasang dan siap digunakan.

Bagi pengguna Firefox, caranya adalah:
  1. Untuk pengguna Firefox, silakan buka halaman https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/awesome-screenshot-capture-/ (copy dan paste ke browser) dengan menggunakan browser firefox.
  2. Muncul halaman Awesome Screenshot Plus, klik "+ Add to Firefox"
  3. Proses download dimulai, tunggu hingga selesai.
  4. Klik menu "Instal"
  5. Addons Awesome Screenshot terpasang

2. Cara Menggambil Screenshot dengan Awesome Screenshot


Cara untuk mengambil gambar screenshot (capture) satu halaman website secara penuh dengan menggunakan Awesome Screenshot, secara detail kami sajikan dalam video tutorial beriku ini. Klik video untuk mulai menonton video tutorial " Cara Screenshoot Capture Satu Halaman Penuh Web".


  1. Buka halaman website yang ingin diambil screenshotnya. 
  2. Klik ikon awesome screenshot yang terletak di pojok kanan atas halaman
  3. Terdapat pilihan mode pengambilan gambar seperti sebagian (yang terlihat saja), atau keseluruhan laman website. Atau gunakan kombinasi tombol keyboard "CTRL + Shift + E" untuk screenshot seluruh halaman website dan "CTRL + Shift + V" untuk screenshot gambar yang ditampilkan layar monitor saja.
  4. Setelah itu akan terbuka tab baru berisikan hasil screenshot. Hasil gambar bisa diedit dengan memanfaatkan berbagai tool yang tersedia di bagian atas halaman.
  5. Klik menu "Done" yang terletak di bagian atas paling kanan.
  6. Akan muncul pilihan :
    - Save Online : Temporarily (mendapatkan link untuk mendownload/membagikan gambar tersebut); Permanently on Digigo.com; dan On Google Drive (menyimpan di akun Google Drive)
    - Save Local : Save image as a file (menyimpan di komputer); Copy to clipboard (mengopy gambar untuk kemudian dapat langsung di-paste ke apliaksi lain semisal microsoft word); dan Print the screenshot (mencetak gambar).

Hasil screenshot gambar website satu halaman penuh

Demikianlah cara screenshot gambar website satu halaman penuh dengan menggunakan addons atau extension Awesome Screenshot.