Wednesday, September 7, 2016

Verval PD: Cara Konfirmasi Data NISN

Konfirmasi Data merupakan salah satu menu dan tahapan yang harus dilakukan dalam Verval Peserta Didik (Verval PD) Kemenag. Menu Konfirmasi Data ini bertujuan untuk mengupdate (memperbarui) database arsip NISN di laman arsip NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) agar sama dengan data hasil Verval PD yang telah dilakukan. Bagaimana cara melakukan konfirmasi data dalam Verval PD? Ayo Madrasah akan membahasnya dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, dalama layanan Verval PD Kemenag terdapat beberapa menu. Menu-menu tersebut adalah Referensi yang menampilkan data siswa permadrasah beserta NISN masing-masing sebagai hasil dari Verval PD yang dilakukan. Kedua adalah menu Residu yang berisikan data siswa permadrasah yang belum diverifikasi NISN-nya. Dan ketiga adalah menu Edit Data yang berfungsi untuk merubah data (baik nama dan tanggal lahir) dan NISN siswa.

Menu Keempat adalah Konfirmasi Data yang berfungsi untuk mengupdate database arsip NISN di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id agar sama dengan hasil Verval PD (data di Referensi). Sehingga data hasil Verval PD dapat ditampilkan dan bisa dicek secara mandiri oleh siswa, wali murid, maupun pihak-pihak lain.

1. Kapan Konfirmasi Data dapat Dilakukan?


Konfirmasi data dilakukan setelah operator melakukan Verval PD sehingga data siswa di menu 'Residu' berpindah ke menu 'Referensi'. Jika belum melakukan Verval PD (data siswa masih ada di menu 'residu' dan belum ada di menu 'referensi') maka data di menu 'Konfirmasi Data' pun masih akan kosong sehingga tidak dapat dilakukan konfirmasi data.

Karena itu sebelum melakukan konfirmasi data, pastikan data siswa (dan NISN) telah diverifikasi dan validasi. Untuk cara melakukan Verval PD silakan simak artikel sebelumnya: Cara Verval PD Kemenag.

Pastikan pula data tersebut telah benar, karena hasil konfirmasi data akan ditampilkan secara umum di situs pencarian NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) yang dapat diakses oleh semua orang, termasuk oleh siswa yang bersangkutan.

Konfirmasi Data Verval PD

2. Bagaimana Cara Melakukan Konfirmasi Data Verval PD?


Cara melakukan konfirmasi data dalam Verval Peserta Didik tidak terlalu sulit. Bahkan cukup mudah.

Data siswa dalam menu 'Konfirmasi Data' dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu:

  1. Data terindikasi sama / mirip / sesuai, yakni data yang sama, mirip, atau sesuai antara data Verval (berdasar data Emis dengan data lama berdasarkan database arsip NISN di PDSP.
  2. Data terindikasi berbeda / tidak mirip, yakni data yang dianggap berbeda, atau tidak mirip antara data Verval (berdasar data Emis dengan data lama berdasarkan database arsip NISN di PDSP.
Untuk melakukan konfirmasi data langkah-langkah adalah sebagai berikut:
  1. Login ke laman http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan username (email) dan password admin Kab./Kota (untuk mengetahui akun Kab/Kota silakan hubungi Penma Kabupaten / Kota masing-masing.
  3. Setelah masuk ke laman Verval PD, klik menu 'Konfirmasi Data'
  4. Pada kolom sebelah kiri, klik tanda segitiga di depan nama kecamatan
  5. Akan ditampilkan daftar madrasah di kecamatan tersebut, klik nama madrasah
  6. Di kolom sebelah kanan akan dimunculkan daftar siswa dan NISN yang telah beerhasil di Verval. Data ini dikelompokkan dalam dua bagian yaitu "Data terindikasi sama / mirip / sesuai" dan "Data terindikasi berbeda / tidak mirip"
  7. Klik dulu menu 'Data terindikasi sama / mirip / sesuai'
  8. Konfirmasi data ini dapat dilakukan persiswa (satu persatu) ataupun langsung banyak siswa sekaligus.
  9. Untuk melakukan konfirmasi satu siswa tersendiri, caranya klik nama siswa (hingga tercentang pada kotak di depannya)
  10. Klik tombol 'OK' yang terletak di atas daftar NISN siswa
  11. Muncul jendela konfirmasi, klik 'OK'
  12. Kembali ke daftar siswa dengan data siswa yang dipilih tadi hilang dari daftar. Ini menandakan kalau konfirmasi data terhadap siswa tersebut berhasil
  13. Untuk melakukan konfirmasi data langsung banyak siswa, caranya hampir sama
  14. Sebelumnya, jumlah data siswa yang ditampilkan perhalaman dapat diatur terlebih dahulu dengan cara mengklik angka di belakang tulisan 'Page size' hingga muncul pilihan 15, 50, 100, dan 250, Seumpama diklik angka 100 maka halaman akan menampilkan 100 data siswa perhalamannya.
  15. Klik tanda kotak di depan "NISN" yang terdapat di bagian atas 'daftar NISN siswa' hingga semua nama di halaman tersebut tercentang.
  16. Klik tombol 'OK' yang terletak di atas daftar NISN siswa
  17. Muncul jendela konfirmasi, klik 'OK'
  18. Kembali ke daftar siswa dengan data siswa yang dipilih tadi hilang dari daftar. Ini menandakan kalau konfirmasi data terhadap siswa tersebut berhasil
  19. Lakukan hal yang sama sehingga semua siswa (dalam daftar tersebut) habis.

langkah-langkah tersebut seperti dalam video tutorial berikut ini

Untuk konfirmasi data siswa yang masuk dalam "Data terindikasi berbeda / tidak mirip", caranya:
  1. Klik menu "Data terindikasi berbeda / tidak mirip"
  2. Muncul daftar nama yang terindikasi tidak sama, seperti dalam penulisan nama.
  3. Klik tombol "Confirm" di bagian akhir data siswa untuk mengonfirmasi yang berarti data tersebut benar meskipun terdapat perbedaan data
  4. Klik tombol "Unmatch" di bagian akhir data siswa untuk membatalkan verval dan data siswa akan kembali ke residu.

Dengan melakukan konfirmasi data ini, berarti proses Verval PD untuk suatu madrasah sudah selesai. Data NISN siswa di madrasah tersebut akan ditampilkan di laman pencarian NISN di alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id. Data NISN dapat dicari dan dilihat oleh siswa, orang tua siswa, maupun pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Jika mengalami permasalahan seputar Verval PD, silakan simak jalan keluarnya di artikel: Daftar Masalah dan Solusi dalam Verval PD

Demikian langkah-langkah cara melakukan konfirmasi data dalam Verval PD Kemenag. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

3 comments

yth. pak admin.
bagaimana jija nama sekolah tidak muncul di menu konfirmasi data.


EmoticonEmoticon