Saturday, September 3, 2016

Mengatasi Tidak Bisa Login ke Verval PD

Sejak pertama kali dibuka beberapa hari silam, beberapa pembaca Ayo Madrasah mengeluh tidak bisa login ke layanan Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) Kemenag. Mereka mengungkapkan bahwa sudah berulang kali mencoba masuk ke layanan Verval PD tetapi terus gagal. Apa sebab dan kenapa tidak bisa login saat Verval PD? Dan bagaimana solusinya?

Padahal pelaksanaan Verval PD sangat penting utamanya dalam pengajuan NISN (bagi siswa yang belum memiliki) dan memverifikasi NISN yang telah dimiliki siswa sehingga datanya betul. NISN sendiri merupakan Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor yang menjadi kode pengenal siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa.

Kalau selalu gagal dan tidak bisa masuk ke layanan Verval PD terus bagaimana harus melakukan Verval PD dan NISN?

Gagal Verval PD

Dari penelusuran yang dilakukan oleh Ayo Madrasah terhadap beberapa kasus gagal login yang ditanyakan, ada beberapa kesimpulan terkait penyebab gagal login tersebut. Pun beberapa solusi agar operator madrasah bisa login ke layanan Verval PD untuk melakukan verifikasi dan validasi.

1. Salah Menuliskan Alamat Situs


Kesalahan pertama yang menjadi penyebab gagal login ke layanan Verval PD adalah salah menuliskan alamat situs (laman) Verval PD. Tanpa disadari tidak sedikit yang malah menuliskan alamat laman Verval SP. Padahal Verval SP (Satuan Pendidikan) berbeda dengan Verval PD (Peserta Didik). Hanya memang nama keduanya nyaris sama.Atau malah ke laman Verval PD Kemdikbud bukannya Verval PD Kemenag

Apalagi sebelumnya (dan beberapa diantaranya masih berlangsung), operator madrasah memang disibukkan dengan penyelenggaraan Verval Satuan Pendidikan. Baik Verval SP PDSP Kemdikbud maupun Verval SP Emis SDM.

Alamat laman penyelenggara Verval PD adalah http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/
yang ketika login akan dialihkan ke laman https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=2AEA887E-6B8B-4CEE-B71E-513C8EE880A5

Di halaman terakhir inilah operator harus memasukkan email dan password untuk bisa login.

Gagal Login Verval PD

Sedangkan untuk Verval SP Kemdikbud alamat lamannya adalah http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ yang saat login akan diarahkan ke alamat laman https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appkey=D89692DC-6E26-4DAD-A174-A11B54DEC0BB

Sebenarnya tidak masalah jika akun admin kabupaten/kota yang digunakan di kedua layanan ini sama. Tetapi jika berbeda tentu akan mengakibatkan gagal login.

Bisa juga malah keliru ke laman Verval PD kemdikbud yang ada di alamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id yang saat login akan dialihkan ke situs https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93

Sehingga untuk solusi gagal login yang pertama ini, pastikan alamat laman Verval PD yang diketikkan adalah benar http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/

2. Salah Akun dan Password


Kesalahan kedua yang mengakibatkan tidak bisa login ke layanan Verval PD adalah salah menggunakan akun dan password.

Akun yang digunakan untuk Verval PD adalah akun Admin Kabupaten/Kota. Bukan akun Admin Sekolah /Madrasah.

Meskipun sebelumnya operator madrasah sudah terdaftar dalam layanan Data Kemdikbud, tetapi ternyata akun tersebut tidak bisa digunakan untuk login ke layanan Verval PD Kemenag. Justru yang bisa adalah login ke layanan Verval PD Kemdikbud.

Sehingga solusi untuk gagal login Verval PD Kemenag ini adalah pastikan usernam (email) dan password yang digunakan login adalah akun milik admin kab/Kota. Untuk mengetahui akun Kab/Kota tersebut silakan hubungi Penma Kab/Kota masing-masing.

3. Koneksi Internet


Permasalahan berikutnya adalah koneksi internet yang kurang stabil. Dengan koneksi internet yang tidak stabil, meskipun berhasil login bisa jadi tampilan (interface) laman Verval PD Kemenag tidak dapat terbuka secara maksimal.

Kondisinya bisa jadi daftar kecamatan atau daftar madrasah tidak dapat dipilih (diklik), daftar siswa (baik di residu maupun di referensi) tidak dapat terbuka secara maksimal, atau proses pencarian data yang terindikasi sama tidak dapat berlangsung.

Solusi untuk permasalahan ini tentunya operator madrasah harus memilih jasa layanan internet yang memiliki signal internet yang kuat di daerah tersebut.

Jika masih kesulitan untuk login ke Verval PD atau malah bingung cara melakukan Verval PD, silakan baca artikel berikut ini: Cara Verval PD. Atau simak video tutorial berikut ini.



Itulah tiga permasalah yang menyebabkan operator madrasah gagal saat login maupun saat melakukan verval PD dengan beberapa solusi yang ditawarkan. Semoga tulisan sederhana ini memberi manfaat kepada para operator madrasah dalam melaksanakan verval PD.

1 comments so far

thank gan dah bisa saya login...


EmoticonEmoticon