Monday, September 5, 2016

Cara Copy dan Cetak Semua NISN Hasil Verval PD

Setelah berhasil melakukan Verval Peserta Didik sehingga menghasilkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NISN tersebut perlu untuk dicopy, disimpan sebagai dokumen, bahkan dicetak menjadi hard file untuk keperluan dokumentasi. Copy NISN hasil Verval PD juga berguna untuk entri data dalam Form Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.

Pertanyaannya, bagaimana cara copy semua NISN hasil verval PD tersebut?

1. Persiapan Copy NISN


Sebelum menyalin data NISN, pastikan operator madrasah telah menyelesaikan verval PD untuk semua siswa (daftar siswa di menu residu telah habis). Jika belum tuntaskan dulu Verval PD dengan langkah-langkah seperti yang telah diuraikan oleh Ayo Madrasah di artikel sebelumnya, Cara Verval PD.

Jika terdapat data siswa dalam 'referensi' yang masih salah, lakukan verval dengan cara mengembalikan data siswa tersebut kembali ke tab 'residu'. Caranya bisa dipelajari di artikel: Cara Mengembalikan Siswa ke Residu.

Copy Cetak NISN

2. Langkah-Langkah Menyalin (Copy) dan Menyimpan NISN


Untuk menyalin (copy) dan menyimpan data NISN hasil Verval PD, caranya adalah:

  1. Buka laman http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan akun admin Kab./Kota (email dan password silakan tanya ke admin Kab./Kota). Jika kesulitan saat login, baca dulu artikel berikut ini: Mengatasi Tidak Bisa Login ke Verval PD
  3. Setelah masuk ke laman VervalPD Kemenag, klik menu 'Referensi'
  4. Pada kolom sebelah kiri, klik tanda segitiga yang terletak di depan nama kecamatan tempat madrasah berada
  5. Muncul daftar madrasah di kecamatan tersebut
  6. Klik nama madrasah yang NISN siswanya hendak dicopy dan disimpan
  7. Di kolom sebelah kanan akan muncul daftar semua siswa di madrasah tersebut lengkap dengan NISN yang dimiliki. Di samping itu, termuat juga nama lengkap siswa, tempat dan tanggal lahir siswa, tingkat (kelas), nama ibu kandung, dan jenis kelamin.
  8. Pada bagian bawah, rubah angka di belakang 'Page size' menjadi 250 dengan cara mengklik tanda segitiga terbalik di belakangnya. Ini dilakukan agar daftar siswa yang ditampilkan menjadi berjumlah 250 siswa perhalamannya sehingga memudahkan kita ketika hendak melakukan penyalinan (copy).
  9. Klik di depan NISN pada siswa di daftar paling atas lalu 'tahan dan geser' (drag) mouse hingga siswa paling bawah (akhir) terseleksi semua. Ditandai dengan daftar siswa diblok warna biru.
  10. Klik kanan pada blok tersebut
  11. Pilih 'salin' atau 'copy'
  12. Buka Microsoft Excel
  13. Format seluruh cell-nya menjadi 'text' dengan cara klik salah satu cell kemudian klik kombinasi tombol "CTRL + A" pada keyboard, kemudian klik ribbon 'General' (pada menu Home) dan pilih 'Text"
  14. Klik pada salah satu cell lalu klik kanan lalu pilih 'Paste'
  15. Daftar NISN beserta data siswa langsung tercopy ke lembar kerja excel. Lakukan pengaturan lebar kolom yang diperlukan.
  16. Jika jumlah siswa di madrasah melebihi 250 siswa, buka kembali laman Verval PD, lalu klik halaman kedua (angka di pojok kiri bawah pada kolom sebelah kanan) di bawah daftar siswa.
  17. Ulangi langkah nomor 9 s.d 10 di atas lalu pastekan di lembar excel tepat di bawah daftar yang pertama tadi.
  18. Simpan file excel tadi.
File excel berisi daftar NISN hasil copy dari laman Verval PD tesebut dapat dicetak seperti biasa maupun dicopy paste ke dalam form data emis untuk melengkapi kolom NISN dalam formulir pendataan emis excel.

Jika masih bingung atau ingin melihat tutorial yang lebih jelas, simak dan tonton video tutorial cara mudah menyalin (copy) NISN hasil Verval PD berikut ini.


Rekan-rekan operator madrasah, demikianlah cara mudah menyalin (copy) NISN hasil Verval PD dan menyimpannya dalam file microsoft excel.


EmoticonEmoticon