Friday, August 12, 2016

Jika Form Lembaga Emis Excel Tidak Dapat Diisi

Tags

Tidak sedikit operator RA dan Madrasah yang menanyakan tentang Form Lembaga Emis Excel yang tidak dapat diisi. Ketika beberapa kolom isian diinput malah muncul keterangan "The cell or chart that you are trying to change is protected and therefore read-only". Form lembaga adalah salah satu dari empat file Form Data EMIS (Formulir Pendataan EMIS), di samping Form Lulusan, Form Personal, dan Form Siswa. 


Permasalahan Formulir Pendataan EMIS file Form Lembaga yang tidak bisa diisi ini telah dikeluhkan oleh bebrapa Operator Madrasah di beberapa grup facebook. Salah satunya oleh Irham Maulana di Grup Emis Jateng. Katanya, "Knp yah d form excel lembaga ada sebagian yg ga bs terisi terutama di akreditasi".

Form Lembaga Emis Tidak Bisa Diisi

Di grup yang sama juga muncul pertanyaan, "pak dony exele untuk lembaga data isian nama kepala madrasah ga bisa di isi. kapan pemutahiran format exele nya?", tanya akun Facebook Doel UcRit. Atau yang ditanyakan oleh akun Agus Salim, "Pak Dony Harahap , Form Lembaga pada Emis MA yg nama Kepala kok tidak bisa di Isi kenapa ya... Mohon pencerahannya.. trims sebelumnya"

Pada Form Lembaga pada Formulir Pendataan Emis Semester Ganjil tahun Pelajaran 2016/2017 memang terdapat beberapa bagian yang tidak dapat diisi. Bagian tersebut antara lain:
  • Riwayat Akreditasi Madrasah yang meliputi tabel dengan kolom Status Akreditasi, Nomor SK Akreditasi, TMT Akreditasi, Tanggal Berakhir Akreditasi, dan Nilai Akreditasi
  • Data Kepala Madrasah, pada kolom Nama Lengkap (tanpa gelar)

Form Lembaga Emis Tidak Bisa Diisi

Form Lembaga Emis Tidak Bisa Diisi

Solusi Form Lembaga Emis Excel yang Tidak Bisa Diinput Data


Jika Form Lembaga Emis Excel tersebut tidak dapat diinput data (diisi), lalu apa solusinya?

Operator RA dan Madrasah tidak perlu risau dan bingung. Lho?

Dalam Formulir Pendataan EMIS yang didownload, setelah diekstrak, memang akan terdiri empat file excel yakni Form Lembaga, Form Siswa, Form Personal, dan Form Lulusan. Form Data Emis tersebut memang seharusnya diisi kemudian nantinya divalidasi (dibackup) menggunakan Aplikasi Desktop Emis. Aplikasi Desktop ini akan merubah file berektensi .xlsx (excel) menjadi file berekstensi .emis. File terakhir ini yang kemudian nantinya akan diunggah secara online.

Tapi yang harus diketahui, meskipun Formulir Pendataan EMIS terdiri atas 4 file, ternyata yang harus dibackup melalui Aplikasi Desktop Emis hanya tiga file yaitu Form Siswa, Form Personal, dan Form Lulusan. Sedangkan Form Lembaga tidak.

Operator Madrasah harus mengisikan secara manual isian tentang lembaga langsung di Aplikasi Desktop Emis. Dengan kata lain, operator harus mengetikkan data lembaga pada Aplikasi Desktop Emis, terutama pada kolom-kolom yang masih kosong.

Baca Juga: Tips Cepat Praktis Entri NIS Lokal Dalam EMIS

Sejatinya Form Lembaga hanya menjadi 'draft' untuk memudahkan operator RA/Madrasah dalam mengisi Data Lembaga di Aplikasi Desktop EMIS. Seperti yang dikatakan salah satu Admin Emis tingkat Kanwil Jawa Tengah di grup Emis Jateng, Dony Harahap. "Karena msih bnyk yg bertanya mka sma smpaikan dsini bhwa utk Data kelembagaan nanti langsung diisi di desktop.. form itu hanya utk oret2an..monggo dicetak utk oret2an..", jelasnya.

Sehingga ketika ternyata Form Lembaga tidak bisa diisi, maka tidak akan bermasalah.

Silakan form lembaga tersebut diisi dan dicetak. Khusus untuk bagian-bagian yang tidak dapat diinput datanya (Riwayat Akreditasi Madrasah dan Nama Kepala Madrasah), biarkan saja kosong. Selesai!


EmoticonEmoticon