Thursday, July 21, 2016

Cara Mengatasi Tahun yang Tidak Muncul di VervalSP Emis

Artikel cara mengatasi tahun yang tidak muncul saat VervalSP (Verval Satuan Pendidikan) di Emis SDM ini menjawab pertanyaan beberapa rekan Operator Madrasah. Mereka mendapati bahwa saat melakukan entri tanggal suatu dokumen, tahun yang muncul sebagai pilihan terbatas hanya tahun 2006 sampai dengan tahun 2026. Padahal tahun keluarnya dokumen yang hendak diisikan dalam VervalSP tersebut jauh sebelumnya.

Dengan kata lain tahun yang hendak mereka isikan dalam Verval Satuan Pendidikan tersebut tidak terdapat dalam pilihan yang muncul dan harus mereka pilih.

Tahun VervalSP Tidak Muncul


Baca juga artikel lain terkait Verval Satuan Pendidikan Emis SDM:

Padahal terdapat tanggal dokumen yang harus diisikan tidak hanya satu. Terdapat tanggal Piagam Pendirian, tanggal Ijin Operasional, tanggal Piagam Akreditasi, dan tanggal SK Kemenkumham.

Tahun kurang dari 2006 tidak muncul


Salah satu dari keempat dokumen tersebut bisa jadi dikeluarkan sebelum tahun 2006. Apalagi Piagam Pendirian bisa jadi untuk madrasah-madrasah yang telah lama berdirinya akan memiliki dokumen Piagam Pendirian dengan tahun yang sangat tua.

Katakanlah salah satu dokumen tersebut dikeluarkan pada tahun 1995, padahal tahun yang muncul dalam pilihan di Verval Satuan Pendidikan (VervalSP) di aplikasi Emis SDM hanya 'tersedia' hingga tahun 2006 saja terus bagaimana solusinya?

Ternyata ada tips sederhana untuk mengatasinya.

Alhamdulillah masih ada solusi.

Solusi Bagi Tahun yang Tidak Tersedia


Solusi bagi tahun yang tidak muncul dalam pilihan tahun disaat mengisikan tanggal dokumen (baik Piagam Pendirian, Ijin Operasional, Akreditasi, maupun SK Kemenkumham) ternyata cukup simpel. Ada tips khusus yang sangat remeh namun ampuh. Admin Ayo Madrasah telah mencobanya dan berhasil.

Agar tahun yang dikehendaki (katakanlah 1992) muncul dalam pilihan, tips yang harus dikerjakan adalah sebagai berikut.
  1. Klik kolom tahun yang biaasanya tertera tahun 2016
  2. Akan muncul pilihan daftar tahun mulai dari 2006 hingga 2026
  3. Pilih saja tahun paling tua; 2006
  4.  Sekarang di kolom tahun muncul tahun 2006
  5. Klik kembali kolom tahun tersebut (yang telah tertulis tahun 2006)
  6. Akan muncul pilihan daftar tahun tetapi berbeda dengan yang pertama, sekarang daftarnya berubah yakni mulai dari 1996 hingga 2016
  7. Jika tahun yang dikehendaki lebih muda dari 1996 (seperti 1999), berarti tingga pilih tahun tersebut. Tetapi jika lebih tua dari 1996 dan belum muncul dalam pilihan, klik saja tahun yang paling tua yaitu 1996.
  8. Sekarang di kolom tahun muncul tahun 1996
  9. Ulangi langkah pada poin ke-5 hingga ke-7 seperti diatas hingga tahun yang dikendaki muncul dan bisa dipilih.
  10. Setelah tahun yang dikehendaki terpilih, silakan lanjutkan dengan memilih bulan dan tanggal sebagaimana yang tertera dalam dokumen yang dimiliki.
Masih bingung?

Jika masih belum juga paham dengan uraian langkah-langkah di atas, silakan tonton dan simak video tutorial Cara Menampilkan Tahun dalam VervalSP di bawah ini.



UPDATE

Saat ini telah diberlakukan giliran VervalSP sesuai dengan daftar. Sehingga jika Anda login ke menu VervalSP tidak sesuai jadwal yang ditentukan akan muncul notifikasi sebagai berikut.

Pengumuman Verval


Bagaimana rekan-rekan Operator EMIS Madrasah? Pilihan tahun yang hanya tampil antara tahun 2006 - 2026 ternyata tidak lagi menjadi masalah, kan?. Insa Allah akan selalu ada solusi untuk rekan-rekan Operator Madrasah yang telah berjuang mencurahkan segenap tenaga dan kemampuannya demi kemajuan Madrasah.

3 comments

kok salah terus waktu simpan, knapa ya?

kalau salah pada kolom akreditasi salah mau di hapus ,sih bagaimana yaaa


EmoticonEmoticon