Wednesday, July 20, 2016

Cara Cari dan Mengetahui NPSN Madrasah (Sekolah) Asal

Adakah yang belum tahu cara mencari dan mengetahui NPSN Madrasah atau Sekolah? Jangan khawatir, ini kali Ayo Madrasah akan berbagi cara paling mudah untuk mencari sekaligus mengetahui NPSN sebuah Madrasah atau Sekolah. Meskipun mudah tapi cara ini ditanggung keakuratannya hingga 100 persen.

Dalam formulir pendataan EMIS Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang sudah dirilis oleh Tim Emis Pendis Kemenag, terdapat beberapa input data baru yang pada periode pendataan Emis sebelumnya tidak ada. Salah satu yang baru tersebut adalah NPSN Sekolah/Madrasah terkait data Sekolah jenjang sebelumnya.

Cari NPSN Sekolah


Di sini, Operator Madrasah harus menginput NPSN sekolah asal (sekolah jenjang sebelumnya) dari setiap siswa.

Otomatis Operator EMIS Madrasah harus mengetahui NPSN tersebut.

NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional. NPSN merupakan kode pengenal unik untuk Satuan Pendidikan yang dikembangkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dan berlaku secara nasional.

Baca juga artikel:


Mencari dan Mengetahui NPSN Sekolah/Madrasah


Jika tidak mengetahui NPSN sekolah atau madrasah jenjang sebelumnya dimana seorang siswa berasal, tentu akan menghambat kerja Operator EMIS Madrasah.

Tapi tidak perlu resah dan gelisah apalagi gundah gulana.

Meskipun tidak mengetahui Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sebuah Sekolah atau Madrasah, kita dapat mencarinya dan mengetahui dengan mudah. Dan hasil pencarian tersebut cukup akurat.

Karena ternyata Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), sebagai lembaga yang berwenang atas NPSN, memiliki sebuah situs yang memuat NPSN semua Satuan Pendidikan di Indonesia secara lengkap. Mulai dari NPSN PAUD (TK/RA, KB, TPA, dan SPS), Sekolah Dasar (SD/MI), SMP/MTs, SMA/MA, hingga SMK. Situs tersebut adalah 'Data Referensi Pendidikan' yang beralamat di http://referensi.data.kemdikbud.go.id

Cara mencari dan mengetahuinya seperti dalam video tutorial berikut ini.


Ada dua cara mencari dan mengetahui NPSN melalui situs 'Data Referensi Pendidikan' milik Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) tersebut.

Pertama dengan memanfaatkan fitur pencarian, yakni dengan mengetikkan nama sekolah atau madrasah yang dicari NPSN-nya.

Kedua dengan melihat daftar sekolah atau madrasah di sebuah kecamatan di seluruh Indonesia pada jenjang tertentu.

Silakan gunakan cara dan teknik yang disukai untuk mencari dan mengetahui NPSN Madrasah dan Sekolah.


EmoticonEmoticon