14 Jul 2016

Soal Ulangan Kelas 3 SD/MI IPA Ciri-ciri Makhluk Hidup

Soal Uji Kompetensi atau soal Ulangan Harian Kelas 3 SD/MI Mapel IPA Bab Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup. Dalam artikel ini tersedia dua pilihan (2 versi) soal ulangan harian dalam bentuk file microsoft word. Di samping itu juga sebuah aplikasi kuis interaktif berbasis flash berisikan soal-soal latihan terkait materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, pokok bahasan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.

Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 Semester gasal, salah satu standar kompetensi yang diajarkan adalah Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup. Dengan kompetensi dasar Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

Soal Ulangan Harian Ciri Makhluk Hidup


Dari kompetensi dasar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup tersebutlah, butir-butir soal ulangan harian (uji kompetensi) IPA Kelas 3 SD/MI ini disusun. Pun dengan kuis interaktif latihan soal.

Baca juga soal ulangan harian mata pelajaran IPA lainnya:

Download Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI)


Untuk membantu siswa-siswi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dalam menguasai kompetensi dasar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, disusunlah soal Ulangan Harian Kelas 3 SD/MI Mapel IPA Bab Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup.

Soal sengaja ditulis dalam format dokumen microsoft word sehingga akan mudah untuk diedit dan disesuaikan dengan kondisi di setiap sekolah (madrasah). Baik penyesuaian dalam hal tampilan maupun isi dan butir-butir soal. Sehingga ketika dicetak, siswa dapat mengerjakannya secara maksimal.

Agar bapak/ibu guru kelas 3 memiliki pilihan, Ayo Madrasah sengaja menghadirkan dua versi soal. Kedua versi soal tersebut adalah:
  • Versi 1 Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI), dengan komposisi terdiri atas 15 butir soal pilihan ganda, 10 butir soal isian singkat, dan 5 butir soal uraian.
  • Versi 2 Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI), dengan komposisi terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda, 10 butir soal isian singkat, dan 5 butir soal uraian.
Untuk mengunduh, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup Versi 1; DOWNLOAD
  • Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup Versi 2; DOWNLOAD

Kuis Interaktif Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI)


Melengkapi soal ulangan harian atau uji kompetensi sebagaimana tersebut di atas, Ayo Madrasah pun telah menyusun sebuah kuis interaktif dengan memanfaatkan aplikasi berbasis flash. Kuis interaktif ini berisikan latihan soal terkait dengan kompetensi dasar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

Kuis interaktif mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dapat dikerjakan secara online maupun offline. Untuk mengerjakan secara online, usahakan menggunakan komputer desktop atau laptop dengan browser mozilla firefox atau google chrome. Karena jika menggunakan gadget android sering kali tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Kuis interaktif tersebut dapat dijalankan secara langsung di bawah ini. Tunggu proses loading hingga terbuka penuh (100%). Gunakan password: ayomadrasah untuk memulai kuis.



Selain secara online, kuis interaktif mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dapat juga dikerjakan secara offline. Caranya cukup dengan mengundul file (link download di bagian bawah) kemudian jalankan file tersebut dengan menggunakan program pemutar flash atau browser semacam mozilla firefox, internet explorer, atau google chrome.

Kuis Interaktif Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI); DOWNLOAD

Itulah Soal Uji Kompetensi atau soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI) sekaligus Kuis Interaktif dengan kompetensi dasar yang sama. Semoga membawa keberkahan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Amin.

Add Comments


EmoticonEmoticon